Disnakertrans Riau apresiasi RAPP terhadap penerapan K3

id RAPP, lomba K3, cepat tepat

Disnakertrans Riau apresiasi RAPP terhadap penerapan K3

Para peserta berfoto bersama seusai Lomba Kompetisi Cepat Tepat K3 Provinsi Riau (dok Antarariau/19).

Pekanbaru (ANTARA) - Kepala Disnakertrans Provinsi Riau Rasidin Siregar memberikan apresiasi PT RAPP terhadap pengetahuan dan penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di lingkungannya dengan terbukti menjadi juara kedua dalam Kompetisi Cepat Tepat K3 Provinsi Riau belum lama ini.

"Meski baru mengikuti untuk pertama kalinya, mereka (RAPP) berhasil menyabet gelar juara," ujar Rasidin Siregar baru-baru ini.

Dia berharap PT RAPP dan juga perusahaan lainnya serius memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja terhadap karyawannya.

Dia mengatakan kegiatan ini diadakan untuk mengetahui bagaimana perusahaan-perusahaan yang ada di Provinsi Riau menerapkan K3 di tempat kerja dan dikemas dalam bentuk lomba sehingga lebih menarik.

Meski hanya sebatas lomba, namun hal itu dinilai bisa mewakili kondisi yang sesungguhnya di lingkungan kerja.

Rasidin berharap acara Kompetisi Cepat Tepat ini dapat meningkatkan pengetahuan K3 dan mengimplementasikannya di tempat kerja sehingga nol kecelakaan dapat tercapai.

Peserta Cepat Tepat K3 tahun 2019 yang dinilai sangat antusias dengan terbukti banyaknya peserta dibanding tahun lalu. "Tahun 2018 peserta hanya 17 tim, tahun ini ada 29 tim yang ikut," tuturnya.

Selain Kompetisi Cepat Tepat ini, Disnakertrans juga mengadakan Kompitisi Bulu Tangkis antar perusahaan se-Riau, Senam Sehat, Pengobatan Gratis, Tenis Lapangan, Pemberian Bibit Pohon, Malam Anugerah K3 Provinsi Riau.

Sementara itu, karyawan Lost Prevention and Control (LP&C) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) berhasil meraih peringkat kedua dalam Kompetisi Cepat Tepat Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang diadakan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau.

Sebelumnya, Coordinator of Occupational Health & Safety Management System, Training, Enterprise Risk Management – Business Continuity Management atau disingkat dengan OHSMS, Training, ERM-CM Coordinator, Jeffry Rio Hasudungan Manurung mengatakan keikutsertaan RAPP juga sebagai bentuk dukungan agar semua pihak menerapakan K3 sebagai budaya kerja.

“Perlombaan Cepat Tepat K3 ini sangat menarik, selain RAPP-Mill pertama kali ikut serta, langsung meraih juara. Kami juga bangga karena bisa menjelaskan RAPP telah menerapkan budaya K3 di lingkungan kerja,” tuturnya.