HUT Damkar ke- 100 di Pekanbaru meriah

id HUT Damkar,pekanbaru

HUT Damkar ke- 100 di Pekanbaru meriah

Hut Damkar ke 100, Satpol PP ke 69 danSatlinmas ke 57 Tingkat Nasional Tahun 2019 di Stadion Kaharuddin Nasution

Pekanbaru (ANTARA) - Ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menggenakan seragam Satpol PP dan Damkar dari berbagai kabupaten/kota di Indonesia hadir di lapangan sepak bola kebanggaan masyarakat Pekanbaru.

Kemeriahan ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi Provinsi Riau, dan Pekanbaru sebagai panitia penyelenggaraan hal ini dikatakan Gubernur Riau Syamsuar kepada media.

Syamsuar menyebutkan Kota Pekanbaru berhasil menjadi pusat helat yang dihadiri bupati dan walikota se-Indonesia. Ribuan orang datang meramaikan acara tersebut. Ekonomi menggeliat, ada dana mengalir ke semua sektor usaha.

Syamsuar juga menyambut baik semua acara mendukung, cuaca, kondisi udara dan keramahan penduduk.

"Acara berlangsung dengan lancar. Semoga kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat dan etos kerja aparatur sipil negara di Indonesia, terkhusus di Provinsi Riau," kata Syamsuar.

Sementara itu Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Cahyo Kumolo selaku yang memimpin langsung Upacara HUT ke-100 Pemadam Kebakaran (Damkar), HUT ke-49 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan HUT Ke-57 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di Stadion Kaharudin Nasution Rumbai, Kota Pekanbaru, Riau, Rabu (6/3/2019) tampak bersemangat.

Dihadiri Gubernur Riau Syamsuar dan Walikota Pekanbaru Firdaus MT, acara berlangsung khidmat dan dihadiri pimpinan Forkopimda Riau.

Upacara tingkat nasional yang diikuti oleh ribuan orang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia itu mewakili 34 provinsi yang ada di nusantara.

Acara tersebut juga dimeriahkan dengan aksi paramotor, marching band, demonstrasi bela diri dari Satpol PP dan demonstrasi senam nozzle dan ketangkasan dari petugas Pemadam Kebakaran

Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) dari berbagai daerah di nusantara ikut memeriahkan pawai defile, di Stadion Kaharuddin Nasution, Kota Pekanbaru.

Baca juga: Jokowi akan hadir pada HUT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan di Pekanbaru

Pawai ini membuka ajang Skill Competition. Ajang tersebut adalah bagian dari kemeriahan satu abad korps Damkar tingkat nasional. Para kontingen yang hadir dalam pawai defile tidak cuma melintas dengan membawa bendera.

Ada juga yang mengenakan pernak pernik khas. Satu di antaranya kontingen Jayapura yang mengenakan ikat kepala khas Papua.

Para kontingen melintas silih berganti di hadapan tamu undangan. Mereka melintas di hadapan bangku kehormatan.

Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Elvius Dailami membuka langsung ajang Skill Competition.

Ia menilai ajang ini bukan hanya unjuk kemampuan.

"Para personel damkar juga harus menjadikan ajang ini sebagai evaluasi jelang bertugas nanti," ulas Elvius dalam sambutannya.

Kasubdit Penigkatan SDM Pemadam Kebakaran Kementrian Dalam Negeri RI, Purno Laksito menyebut bahwa ada 204 personel damkar ikut dalam Skill Competition. Mereka berasal dari 34 daerah di Indonesia.

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, M.Noer MBS berharap ajang ini untuk unjuk kemampuan para personel damkar. Mereka bisa saling bekerjasama dengan kontingen damkar yang berasal dari berbagai daerah.

Salah seorang tamu peserta HUT Damkar ke-100 dari Sorong yakni Kepala Damkar Pemkab Sorong, Papua Barat Ridwan Iribaram mengatakan, sangat berkesan berada di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Menurutnya, pelayanan di Pekanbaru terhadap tamu sangat baik, bahkan sempat juga disambut dengan tari adat. Suasana Pekanbaru katanya sangat nyaman dan tentram.

"Saya terkesan dan merasa puas datang ke Pekanbaru ini," kata.

Ridwan mengaku sudah dua kali datang ke Pekanbaru, yang pertama semasa dirinya menjabat Kasatpol PP Pemkab Soorong tahun 2014 dan tahun 2019 ini saat ia menjabat Kepala Damkar Pemkab Sorong.

Dari sisi pembangunan Pekanbaru, Ridwan dengan logat Indonsia Timurnya mengatakan, perkembangan Pekanbaru cukup pesat. Bangunan gedung-gedung bertingkat terus bertambah, hotel-hotel, mal-mal berkembang dan tempat kuliner katanya sangat banyak pilihan. (Adv)

Baca juga: Memperingati HUT Damkar Ke-100, Pemrov Riau Dukung Kota Pekanbaru Jadi Tuan Rumah