Puluhan orang tertimbun longsor di tambang Emas Bolmong, Sulawesi Utara

id tambang emas, bolmong

Puluhan orang tertimbun longsor di tambang Emas Bolmong, Sulawesi Utara

Sejumlah anggota tim SAR mengevakuasi salah seorang korban tambang emas yang longsor di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, Selasa (26/2/2019) malam. Sekitar 60 pekerja tertimbun longsor di lokasi penambangan emas tanpa ijin tersebut dan 11 korban diantaranya selamat sementara tiga orang meninggal dan 46 orang masih dalam pencarian (Humas Basarnas)

Pekanbaru (ANTARA) - Gorontalo - Kepala Kantor SAR dan Pencarian Gorontalo Bayu Artiyoso Mandiri, mengatakan pihaknya telah mengirimkan tim pertolongan bencana longsor lokasi tambang emas rakyat Desa Bakan, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara.

Tim yang terdiri dari delapan personil itu menuju lokasi bencana pada Rabu pukul 12.15 Wita, dan akan bekerja membantu Kantor SAR Manado.

"Untuk sementara, tim ini di Bawah Kendali Operasi (BKO) Kantor SAR Manado, namun kami tetap terus memantau perkembangan di Bolaang Mongondow," katanya.

Baca juga: Soekarwo : Ribuan Hektare Tambang Emas Masih Tertimbun di Jatim

Sebelumya puluhan penambang tertimbun longsor di areal Penambangan Emas Tanpa Ijin (PETI) di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara pukul 21.00 WITA, Selasa.

Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, peristiwa tersebut terjadi saat puluhan orang sedang menambang emas tiba-tiba tiang dan papan penyangga lubang galian patah akibat kondisi tanah yang labil dan banyaknya lubang galian tambang.

Data sementara diperkirakan sebanyak 60 orang lebih tertimbun material longsoran tanah dan bebatuan di lokasi areal tambang rakyat.

Sampai dengan Rabu (27/2) pukul 05.00 WITA sudah berhasil dievakuasi sebanyak 14 orang (satu orang meninggal dan 13 orang luka ringan dan berat).

Diperkirakan masih terdapat puluhan korban terjebak di dalam reruntuhan lubang galian tambang.

Baca juga: 2 Rakit Tambang Emas Ilegal Diamankan di Areal RAPP Logas

Baca juga: Dua Pemodal Tambang Emas Ilegal Di Kuansing Dibekuk Polisi