BAZNAS Riau raih Akreditasi A Syariah 2019

id BAZNAS Riau

Arsip foto. Baznas Riau (Antaranews)

Pekanbaru, (Antaranews Riau) - Badan Amil Zakat NasionaL (BAZNAS) Provinsi Riau mendapatkan penilaian ringkat akreditasi A, Opini sesuai Syariah, dengan perolehan skor 96,05 untuk akreditas dan kepatuhan syariah, 93,39.

"Penilaian prestasi cemerlang itu berdasarkan Keputusan Direktur Jendral Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI Nomor 90 tanggal 28 Januari 2019 terkait hasil penilaian Audit Syariah," kata Wakil Ketua IV BAZNAS Provinsi Riau, membidangi masalah administrasi, SDM dan umum, Yahanan, di Pekanbaru, Selasa.

Menurut dia, amanah Undang-Undang BAZNAS harus mengaudit pengelolaan zakat secara internal dan eksternal mulai dari pengumpulan dana zakat hingga pendistribusiannya, apakah sudah sesuai Syariah atau tidak.

Baca juga: Seratusan Perusahaan Riau Diharapkan Bantu Penyandang Disabilitas

Audit internal dan eksternal ini, katanya menyebutkan dilakukan oleh akuntan publik dan BPKP, sedangkan untuk BAZNAS tingkat kabupaten dan kota dilakukan audit oleh Kakanwil KemenagProvinsi Riau, sedangkan untuk tingkat Provinsi auditnya dilakukan okeh Kementerian Agama RI.

"Alhamdulillah, apa yang diminta oleh Kemenag Pusat terkait sejumlah data yang dibutuhkan maka semuanya sudah sesuai dengan syariah, dalam kegiatan pendistribusian dan pengumpulan zakat," katanya.

Penilaian terkait lainnya, katanya menyebutkan, pengumpulan dana non halal yang harus dilengkapi dengan buktinya, termasuk pendistribusian yang harus sesuai dengan Syariah atau sesuai dengan asnaf yang 8 merujuk surat At-Taubah ayat 60. Kemudian pendataan penerima zakat harus benar dari keluarga miskin, termasuk fakir, dan penerima yang lain.

Jadi BAZNAS Provinsi Riau, katanya lagi sesuai dengan audit yang sudah dilakukan dan sudah sesuai Syariah, sehingga Lembaga pengumpul zakat ini sudah pantas mendapatkan Opini Sesuai Syariah dengan Akreditasi A itu.

Baca juga: Antisipasi kecurangan, Baznas Riau minta dukungan Polda

Baca juga: Baznas Siak Luncurkan ATM Beras Untuk Mustahik


Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar