Pemkab Siak luncurkan ATM Beras

id atm beras, siak

Alumni ITB Ciptakan Mesin ATM Beras Untuk Kaum Dhuafa (Antara)

Siak (Antaranews Riau) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak meluncurkan secara resmi mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Beras di Kampung Tualang, Kecamatan Tualang kerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Badan Wakaf Indonesia setempat.

"Sebelumnya ATM beras ini sudah diluncurkan di Masjid Kecamatan Mempura dan Siak. Insya Allah akan terus dikembangkan di semua masjid kecamatan se Kabupaten Siak," kata Bupati Siak, Syamsuar di Tualang, Kamis.

Melalui ATM beras ini, tambahnya kaum dhuafa sekarang dapat mengambil beras seusai melaksanakan salat subuh berjemaah sebanyak 2,5 Kilogram. Dalam kesempatan itu Syamsuar mengajarkan langsung kepada penerima bantuan cara memakai ATM tersebut.

Suasana pun cukup haru saat seorang nenek penerima bantuan beras ini diajarkan Syamsuar di Masjid Darussalam Kecamatan Tualang itu.

Pasalnya nenek itu datang dengan dibimbing karena matanya yang sudah rabun.

"Mesin beras ini ambilnya pakai kartu ini, didalam sini ada berasnya. Sungguh saya merasa haru sekali. Beliau dua kali memeluk saya," ungkap bupati.

Ketua Baznas Kabupaten Siak, Abdul Rasyid Suharto mengatakan, inovasi ATM Beras di Kabupaten Siak mendapat respon positif dari masyarakat.

Itu karena selain dapat membantu masyarakat miskin, ATM beras juga menggugah kepekaan sosial bagi warga mampu untuk berdonasi.

"Program ini merupakan salah satu cara Pemkab Siak untuk meringankan beban masyarakat tidak mampu. Baznas Siak berencana pada 2019 meluncurkan 14 unit ATM Beras di seluruh kecamatan, khususnya di kantong-kantong masyarakat kurang mampu," jelasnya.

Tujuan lain program ini kata Rasyid, adalah untuk mengajak mendekatkan diri kepada Tuhan dengan cara mengajak sholat subuh berjamaah.

Baca juga: Baznas Siak Luncurkan ATM Beras Untuk Mustahik

Bagi kaum berada juga diberikan kesempatan untuk berinfaq baik beras ataupun uang yang akan dibagikan kembali kepada penerima beras.

Rasyid juga menerangkan, setiap orang akan mendapatkan 15 kg beras setiap bulannya. Beras secara periodik akan diisi oleh Baznas Siak dan juga menunggu kebersamaan masyarakat untuk berinfaq beras. Mesin ATM beras diatur berfungsi usai salat subuh mulai pukul 05.00 WIB hingga 05.45 WIB.
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar