DPRD Siak belum terima usulan nama pengganti wabup

id siak, dprd,syamsuar

Bupati Siak yang juga Gubernur Riau Syamsuar. (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Pekanbaru (Antaranews Riau) - DPRD Kabupaten Siak mengaku belum menerima usulan pengganti wakil bupati setempat, Alfedri yang akan menjadi bupati usai pejabat yang saat ini menduduki posisi itu segera dilantik menjadi gubernur provinsi setempat.

"Saat ini belum ada, kalau sudah ad. DPRD akan lakukan mekanisme sesuai aturan dan bentuk penitia pemilihan. Waktunya tentu tergantung partai politik pemgusung, tak dikasih target waktu," kata Ketua DPRD Siak, Indra Gunawan di Siak, Selasa.

Sementara, Bupati Siak Syansuar segera dilantik menjadi Gubernur Riau pada Februari ini setelah memenangi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau bersama Edy Natar Nasution pada tahun lalu.

Dengan demikian, wakil bupati saat ini, Alfedri otomatis akan mengisi jabatan bupati setelah pelantikan. Kemudian akan ada pengganti Alfedri untuk kursi wakil bupati hingga 2021.

Ketua DPRD Siak mengatakan dalam mekanismenya partai pengusung mengusulkan dua nama kepada DPRD untuk dipilih. Partai pengusung pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Siak pada 2016 itu ada tiga.

Di antaranya Partai Amanat Nasional, Partai Hati Nurani Rakyat, dan Partai Keadilan Sejahtera. Dengan Alfedri sebagai perwakilan PAN dan juga ketua dewan pimpinan daerah di Siak, maka peluang itu ada pada dua partai lainnya yakni Hanura dan PKS.

Meski demikian, bisa juga berasal bukan dari dua partai tersebut tergantung kesepakatan tiga pengusung tersebut. Seperti nama Indra Gunawan sendiri yang juga muncul meskipun berasal dari Partai Golkar.

Alfedri sendiri menanggapi penggantinya, menyampaikan calon penggantinya harus muncul dari partai pengusung. Meski demikian dia enggan membicarakan itu dan memilih untuk menunggu dirinya menjadi bupati dulu.

"Kalau kriterianya ya harus sama-sama belajar komitmen membangun daerah sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Siak saat ini Syamsuar berpendapat bahwa pengganti Alfedri harus yang bagus dan sejalan. Namun dia menekankan orangnya harus yang bisa melanjutkan apa yang dikerjakan dulu.
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar