Persiapan Embarkasi Haji Antara Riau Sudah 99 Persen

id Embarkasi Haji,Haji,Riau

Persiapan Embarkasi Haji Antara Riau Sudah 99 Persen

Jamaah Haji Berangkat Menuju Madinah

Pekanbaru,(Antaranews Riau) - Persiapan pembukaan Embarkasi Haji Antara, Provinsi Riau sudah mencapai 99 persen, dan sisanya sebesar sau persen lagi yang harus dipenuhi adalah meliputi Surat Keputusan (SK) Embarkasi Antara untuk selanjutnya bisa beroperasional.

"Alhamdulillah seluruh komponen yang terlibat dalam mewujudkan Embarkasi Haji Antara Riau semua antusias dan bekerja keras untuk mewujudkan keberadaan embarkasi ini," kata Pelaksana Harian Kakanwil Kemenag Riau ,HM Saman, di Pekanbaru, Selasa.

Menurut dia, pentingnya keberadaan embarkasi ini maka diharapkan pada musim haji pada Juli 2019, maka jamaah haji Riau sudah bisa diberangkatkan melalui Embarkasi Haji Antara.

Jadi Batam hanya sebagai transit saja sehingga penghematan biaya dan waktu bisa diperoleh para jamah calon haji asal Provinsi Riau.

"Berbagai kesiapan sarana dan prasarana Embarkasi Haji Antara Riau sudah mencapai 99 persen. Tinggal menunggu SK Embarkasi Antara yang akan diterbitkan setelah ditetapkannya Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) Musim Haji 2019 yang diperkirakan pada Maret atau April 2019," katanya.

Ia menjelaskan, berdasarkan hasil pengecekan terakhir oleh Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI, Prof Dr Nizar MAg dan rombongan, kesiapan sarana dan prasarana Embarkasi Haji Antara Riau sudah mencapai 99 persen.

Menurut Sekdaprov Riau, H Ahmad Hijazi, tidak ada lagi alasan untuk menunda operasional Embarkasi Haji Antara Riau pada 2019.

"Sebab secara prinsip seluruh komponen-komponen utama yang menjadi syarat Embarkasi Antara sudah terpenuhi oleh Pemerintah Provinsi Riau. Tinggal bagaimana teknis atau manajemen saat akan menyelenggarakan dan saat penyelenggaraan haji, mulai dari bagaimana saat jamaah calon haji datang, pasca di asrama haji, saat keberangkatan dan lainnya," katanya.

Untuk itu, katanya lagi, SK kepengurusan Asrama Haji Antara haji ini juga harus dibentuk setelah dilakukan penyelesaian terakhir atas semua sarana dan prasarana asrama haji antara ini.

Ia menyatakan, untuk SK Embarkasi Haji Antara akan ditetapkan bersama-sama dengan SK Embarkasi seluruh Indonesia, setelah penetapan SK BPIH musim haji 2019, perkiraan Maret atau April 2019.

Untuk itu, pemerintah provinsi Riau dan Kemenag masih mempunya iwaktu hingga Februari 2019 terus memperbaiki fasilitas yang rusak maupun yang perlu ditambah. Untuk fasilitas-fasilitas yang belum memadai secepatnya diperbaiki dan akan disempurnakan sesuai dengan standar.

"Yang perlu dipenuhi adalah pos di depan gerbang akan digeser, segala bentuk pelayanan akan dimaksimalkan dan diperbaiki. Termasuk tempat parkir yang harus dimudahkan untuk aksesnya. Karena itu untuk anggaran terkait dengan operasional Embarkasi Haji Antara Riau telah dimasukkan dalam APBD Riau, dan anggaran tersebut akan memadai untuk menyuskseskan penyelenggaraan haji Provinsi Riau," katanya.