Marlis: Ormas Miliki Peran Krusial Pertahankan Kemerdekaan

id marlis ormas, miliki peran, krusial pertahankan kemerdekaan

Marlis: Ormas Miliki Peran Krusial Pertahankan Kemerdekaan

Istimewa

Tembilahan (Antarariau.com) - Sekretaris Badan Keselamatan Bangsa, Politik, Lingkungan Masyarakat (Bakesbangpolinmas) Indragiri Hilir(Inhil), Marlis Syarif mengatakan bahwa Organisasi Masyarakat (Ormas) memiliki peran krusial mempertahankan kemerdekaan RI.

Saat membuka Rapat Kerja Forum Komunikasi Organisasi Non Pemerintah (Fokus Ornop), Kamis (6/12) sore, Marlis mengatakan, pertumbuhan organisasi kemasyarakat di Inhil cukup pesat hingga mencapai ratusan Ormas yang berbadan hukum dan tidak berbadan hukum termasuk LSM, Yayasan serta Organisasi Kemahasiswaan.

"Dari hasil pendataan tersebut, diketahui pertumbuhan organisasi kemasyarakatan di Kabupaten Inhil cukup pesat," ujarnya.

Rapat Kerja yang diselenggarakan oleh Fokus Ornop ini, menurut Marlis, merupakan bentuk pembinaan Organisasi Kemasyarakatan di Kabupaten Inhil berdasarkan hasil pendataan pada Kementerian Dalam Negeri.

Selain memiliki peran krusial dalam mempertahankan kemerdekaan, Ormas juga merupakan aset penting dalam perjalanan bangsa dan negara.

Sedangkan Fokus Ornop sendiri, lanjut Marlis, sejak berdiri pada 2011, telah menjadi wadah bagi masyarakat untuk berpartisipasi menyalurkan aspirasi dan keberdayaan.

"Harapan kami, kedepan Fokus Ornop dapat membangun Kabupaten Inhil yang sangat kita cintai ini dari segala sisi," kata Marlis.

Sedangkan, Sekretaris Jendral Fokus Ornop, Indra Gunawan mengatakan, Fokus Ornop merupakan wadah komunikasi yang bertujuan memberikan penguatan bagi rekan-rekan Ormas, LSM dan organisasi lainnya agar lebih memahami tupoksi dalam berorganisasi.

"Ya kita sebagai pemersatu, jika ada kesalahan atau kekeliruan yang mengatasnamakan LSM atau Ormas setidaknya dapat diatasi melalui forum ini," ujarnya.

Dia mengatakan, pada hakikatnya LSM merupakan mitra pemerintah, namun disisi lain LSM juga mitranya masyarakat.

"Jika ada permasalahan di pemerintahan, kita berperan sebagai pengontrol.Begitupula jika terjadi masalah di tengah masyarakat maka kita berperan sebagai penyuara atau perpanjangan tangan masyarakat. LSM bukan wadah mencari duit atau mencari kehidupan namun sebaliknya yakni berkehidupan di LSM," tandas Indra.