Wako Dumai: TNI Miliki Peran Penting Di Daerah Pesisir

id wako dumai, tni miliki, peran penting, di daerah pesisir

Wako Dumai: TNI Miliki Peran Penting Di Daerah Pesisir

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Wali Kota Dumai Zulkifli As menyatakan TNI memiliki peran sangat vital untuk kemajuan daerah dipesisir Provinsi Riau itu, yang berbabatasan dengan dua negara di Selat Malaka.

"Keberadaan TNI sangat berfungsi penting sekali di Kota Dumai untuk memonitor dan mendeteksi semua objek vital yang ada agar tetap dapat terjaga keamanan," sebut Zul As pada peringatan HUT TNI ke-71 di Dumai, Rabu.

Ia mengatakan sebagai daerah transit dan industri, Dumai berbatasan dengan dua negara tetangga, sehingga diperlukan pengamanan baik darat, laut dan udara.

Sebagai komponen pertahanan negara, TNI dengan cepat menggelar seluruh kekuatan untuk melaksanakan operasi militer selain perang hanya karena tuntutan tugas semata tanpa pamrih, dengan kesadaran tinggi, ikhlas dan teguh pada tugas pokok diemban.

Upacara peringatan HUT TNI Dumai ini diikuti seluruh satuan TNI dan Polri, seperti Kodim 0320, TNI AL, Den Arhanud Rudal 004, Satuan Radar 232 dan Polres Dumai serta dihadiri para pimpinan daerah setempat.

Komandan Kodim 0320 Dumai Letkol (Kav) Rendra Siagian menjadi Inspektur Upacara Peringatan HUT ke 71 TNI tahun 2016 di Dumai dan menyampaikan beberapa pesan Panglima TNI untuk prajurit, di Makodim Dumai.

Dandim menyampaikan pesan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo agar prajurit TNI terus hidup berdampingan bersama rakyat karena itu merupakan ciri dari TNI yang tidak boleh pudar dan harus terus dikembangkan.

"TNI tumbuh dan berkembang serta berjuang bersama rakyat dan tidak boleh pudar oleh arus globalisasi yang terus bergerak secara dinamis dan harus terus ditumbuhkembangkan dengan pola pikir modern," kata Dandim Rendra.

HUT ke 71 TNI bertema "Bersama Rakyat, TNI Kuat, Hebat, Profesional, Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian". Penguatan TNI terus dilaksanakan dalam rangka menjaga kesinambungan pembangunan guna menuju pencapaian yang sesuai dan ideal.

Pembangunan kekuatan TNI terfokus pada modernisasi alat utama sistem pertahanan, pengembangan organisasi, sarana prasarana terutama di pulau strategis sesuai dengan dinamika perkembangan lingkungan dan ketersediaan anggaran.

"Keberadaan prajurit TNI selalu mendapatkan hati di masyarakat sekitarnya, karena TNI selalu menjunjung tinggi kearifan lokal dimanapun berada,¿ lanjut Dandim.