Merasa Tidak Dihargai, KNPI Dumai Tinggalkan Upacara Sumpah Pemuda

id merasa tidak, dihargai knpi, dumai tinggalkan, upacara sumpah pemuda

Merasa Tidak Dihargai, KNPI Dumai Tinggalkan Upacara Sumpah Pemuda

Istimewa

Dumai, Riau,(Antarariau.com) - Ratusan anggota Komite Nasional Pemuda Indonesia Kota Dumai membubarkan diri dari barisan atau meninggalkan tempat saat upacara peringatan Sumpah Pemuda 2018 berlangsung karena merasa tidak dihargai pemerintah daerah, Minggu.

Juru Bicara KNPI Dumai Rahmat Wijaya mengatakan, dua ratusan anggota KNPI Dumai berseragam memilih bubar dari barisan upacara saat Wali Kota Dumai Zulkifli As sebagai inspektur upacara berpidato menyampaikan kata sambutan.

"Pembubaran diri dari barisan upacara karena merasa ketua knpi dan jajaran pengurus tidak dihargai pemerintah dalam momen sumpah pemuda tahun ini," kata Rahmat dalam keterangan pers.

Disebutkan, Pengurus KNPI Dumai sampaikan protes keras ke pemerintah daerah karena dinilai sudah melecehkan organisasi dan menciderai momen peringatan hari sumpah pemuda.

Kegiatan upacara peringatan Sumpah Pemuda Tahun 2018 ini dibuat berbeda oleh Pemkot Dumai, yaitu tidak melibatkan KNPI dan mengutamakan kegiatan pertemuan Pramuka se Provinsi Riau.

"Pemko lebih pentingkan kegiatan raimuna dari sumpah pemuda, tapi kita tetap merebut pelaksanaan upacara seperti tahun sebelumnya, sayangnya pemerintah terkesan melecehkan knpi sebagai organisasi pemuda," sebutnya.

Sejumlah pelecehan ditemukan misalnya, tidak adanya kursi disediakan panitia untuk Ketua KPNI, tidak ada penyebutan nama organisasi dalam pidato inspektur upacara.

Pengurus organisasi kepemudaan Dumai ini selanjutnya akan menentukan sikap dan langkah guna menindaklanjuti dugaan tidak menghargai keberadaan KNPI itu melalui rapat pengurus.

Sementara, Kasubag Protokol Pemkot Dumai Muhammad Saddam mengaku panitia pelaksana upacara sudah menyediakan kursi untuk ketua KNPI di barisan kedua tamu undangan, sesuai UU Nomor 9 Tahun 2010 tentang keprotokolan.

Disebutkan dia, momen peringatan Sumpah Pemuda 2018 bertepatan dengan pembukaan Raimuna Daerah Riau 2018 karena Dumai sebagai tuan rumah, dan upacara digelar dua kali bergantian di tempat yang sama.

"Kursi untuk pengurus knpi sudah disiapkan di barisan kedua, atau di belakang kursi pejabat pimpinan daerah, dan tidak ada penyebutan nama organisasi di pidato upacara silahkan tanya ke bagian humas," kata Saddam.