Sekarang Tidak Perlu Antri Lama-Lama, Pegadaian Gunakan Layanan Digital

id sekarang tidak, perlu antri, lama-lama pegadaian, gunakan layanan digital

Sekarang Tidak Perlu Antri Lama-Lama, Pegadaian Gunakan Layanan Digital

Ilustrasi

Pekanbaru,(Antarariau.com)- PT Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah II Pekanbaru memberikan kemudahan bagi nasabah dalam memproses administrasi kredit hanya dengan menggunakan layanan digital atau Pegadaian Digital Service/PDS berbasis android, untuk memperpendek antrean nasabah.

"PDS adalah layanan digital dari Pegadaian dalam bentuk aplikasi berbasis web dan mobile sehingga dapat di unduh melalui PlayStore atau iOS," kata Protokoler dan Kehumasan Kanwil II, Wirya Iswandi, di Pekanbaru, Kamis.

Menurut Wirya, layanan tersebut mulai diluncurkan Pegadaian pada April 2018. Setelah melakukan pengunduhan, lanjutnya, pengguna harus megikuti seluruh tahapan registrasi mulai dari mengisi identitas sesuai KTP, dan mencantumkan nomor telepon yang aktif agar bisa mengakses fitur-fitur di dalam aplikasi.

Setelah berhasil melakukan pendaftaran, pengguna bisa langsung menikmati layanan digital pegadaian tanpa harus datang ke kantor Pegadaian.

"Layanan aplikasi PDS akan menguntungkan pengguna dari segi kecepatan karena tidak ada sistem antre," jelasnya.

Meskipun tidak ada sistem antri, lanjutnya, nasabah tetap akan mendapatkan pelayanan yang setara dengan yang diberikan oleh pegawai saat mengurus di kantor Pegadaian.

"Nantinya nasabah Pegadaian cukup meluangkan beberapa menit saja untuk mengisi informasi di PDS dan mereka bisa melakukan pengajuan gadai atau pengajuan kredit mikro, sesuai dengan kebutuhan nasabah," ujarnya.

Wirya mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan pengguna, PDS juga melayani nasabah yang ingin membuka tabungan emas, membayar angsuran, melakukan top-up tabungan emas, hingga melayani masyarakat yang ingin bergabung menjadi agen Pegadaian.

Ditambahkan Wirya, syarat menggunakan layanan PDS yaitu cukup dengan menyiapkan barang yang akan digadai. Kemudian, barang tersebut nantinya akan diambil tim Pegadaian langsung di rumah nasabah.

"Selain itu, dengan hadirnya aplikasi layanan digital diharapkan bisa membantu capaian target Pegadaian pada tahun ini sebesar Rp6,8 triliun," katanya.

Berdasarkan data PT Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah II Pekanbaru merekap periode April-7 Oktober sudah 3.500 pengguna aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS).