Pastikan Masyarakat Tertib Administrasi, Puluhan Warga Dumai Terjaring Operasi KTP

id pastikan masyarakat, tertib administrasi, puluhan warga, dumai terjaring, operasi ktp

Pastikan Masyarakat Tertib Administrasi, Puluhan Warga Dumai Terjaring Operasi KTP

Antara Foto

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Tim Yustisi Pemerintah Kota Dumai menjaring puluhan warga yang tidak membawa KTP atau tanda pengenal lain saat menggelar operasi penertiban di sejumlah lokasi keramaian, Senin.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Dumai Bambang Wardoyo mengatakan bahwa warga tidak mengantongi kartu tanda penduduk (KTP) langsung mengikuti sidang di tempat dan dikenai sanksi denda.

"Operasi ini dilakukan untuk memastikan masyarakat tertib administrasi kependudukan dan mencegah pendatang liar masuk ke Dumai," kata Bambang.

Ia mengatakan bahwa razia KTP ini juga bagian dari penegakan Peraturan Daerah Kota Dumai Nomor 6 Tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Pendaftaran Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Kegiatan penertiban administrasi kependudukan ini menyasar masyarakat pejalan kaki dan pengemudi di jalan raya yang bepergian tanpa mengantongi KTP atau warga pendatang.

"Saya mengimbau warga belum memiliki identitas kependudukan agar segera mengurus di kantor pencatatan sipil dan pendatang membawa kartu pengenal dari daerah asal," katanya.

Petugas gabungan terlibat razia KTP ini, di antaranya Satpol PP, dinas kependudukan catatan sipil, dinas perhubungan, TNI/Polri, kejaksaan, dan pengadilan negeri, serta instansi terkait lain.

Target lokasi razia ialah jalan raya, hiburan malam, kamar indekos, tempat keramaian, dan lokasi lainnya dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat agar tertib administrasi penduduk dan terus membawa KTP di luar rumah.

Setiap warga terjaring razia tidak memiliki atau tidak membawa KTP akan dikenai sanksi denda sebesar Rp50 ribu untuk setiap pelanggaran.