JCH Rohul Diberangkatkan Dari Bandara Tuanku Tambusai

id jch rohul, diberangkatkan dari, bandara tuanku tambusai

Pasir Pengaraian, 20/7 (ANTARA) - Jamaah Calon Haji (JCH) yang berasal dari Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, bakal diberangkatkan ke embarkasi Batam dari Bandara Tuanku Tambusai, Rohul.

"Rencananya kalau tidak ada perubahan sekitar 536 JCH asal Rohul, akan kita berangkatkan dengan pesawat yang berkapasitas 100 orang dari Bandara Tuanku Tambusai", kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Rohul, H Mahlan, saat ditemui di Pasir Pengaraian, Selasa.

Ia mengatakan, pemberangkatan JCH 2010 pada Oktober nanti masih menunggu penentuan kelompok terbang (kloter), sebab untuk penentuan kloter, masih harus menunggu pengumuman pelunasan Ongkos Naik Haji (ONH) bagi JCH yang kini belum ditentukan.

Dia mengatakan, jumlah JCH tahun ini meningkat dibanding tahun lalu, maka direncanakan mencari pesawat yang berkafasitas angkut lebih banyak.

"Kita melihat dari pengalaman sebelumnya, dimana pemberangkatan JCH dengan pasawat Fokker tidak bisa diangkut dalam sehari, apalagi jumlah JCH kita mencapai 536 atau lebih 1 kloter, bila menggunakan pesawat Fokker 50 maka bisa 11 kali penerbangan dan tidak tuntas diberangkatkan sehari", ujarnya.

Menurut dia, perihal kesiapan dan kelayakan bandara untuk digunakan pemberangkatan JCH Rohul, pihaknya kini sedang menggesa pembangunan terminal keberangkatan, termasuk fasilitas pendukung lainnya.

"Jumat (24/7) lusa tim Dishub Riau bersama Dishub Rohul, akan turun untuk memantau persiapan dan kelayakan pemberangkatan JCH Rohul dari Bandara Tuanku Tambusai," katanya.