Sudah Menjadi Agenda Nasional, Ternyata Festival Pacu Jalur Telah berusia 115 Tahun

id sudah menjadi, agenda nasional, ternyata festival, pacu jalur, telah berusia, 115 tahun

Sudah Menjadi Agenda Nasional, Ternyata Festival Pacu Jalur Telah berusia 115 Tahun

Antara Foto

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Bupati Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau menyebutkan bahwa seni budaya Festval Pacu Jalur (FPJ) yang sudah menjadi agenda nasional yang diselenggarakan di Tepian Narosa Kota Teluk Kuantan pada Agustus 2018 ternyata sudah ke - 115.

"Saya mencatat FPJ ternyata sudah berumur 115 tahun, luar biasa," kata Bupati Kuantan Singingi Mursini di Teluk Kuantan, Jumat.

Bupati Mursini mengatakan, festival seni budaya yang menarik di Sumatra dan Riau dan dihadiri puluhan ribu wisatawan nasional adalah hanya di Kuansing yakni Event Pacu Jalur (EPJ) tradisional, karena itu mesti pengelolaannya harus optimal.

Panitia FPJ yang telah di berikan amanah untuk melaksanakan hajat nasional pada 29 Agustus hingga 2 September 2018 di Kota Jalur Teluk Kuantan, sudah seharusnya persiapan semua lini diatas 75 persen, sehingga dalam penyelenggaraannya akan berjalan lancar.

"Banyak pergelaran seni yang ditampilkan, termasuk ada kegiatan safari objek wisata," sebut Bupati.

Selain itu, pihak Pantia juga menggelar lomba menulis, potografer untuk semua kalangan, satu tujuan adalah mempromosikan festival sehingga akan lebih menarik dan kunjungan wisata lebih besar, sebab juga berdampak positip bagi masyarakat, misalnya dapat menambah penghasilan.

"Lomba tersebut akan ada hadiah menarik, bahkan memunculkan peminat dari luar ikut berpartisipasi," ujar Mursini.

Wakil Bupati Kuansing Halim mengatakan, dirinya yang diberikan amanah untuk melaksanakan hajatan nasional tahunan ini merasa bangga atas banyaknya masukan positip untuk mendukung acara tersebut, karena itu berharap peran aktif semua pihak agar tujuan dan program berjalan lancar.

"Tahun 2018 akan lebih meriah, sejumlah seni dan acara tambahan telah dikemas dengan baik," terangnya.

Pada acara coffe morning dengan sesjumlah insan pers pada Jumat 10 Agustus 2018 di Pendopo Rmah Dinas Bupati, Wakil Bupati Halim sangat berapi - api menyebutkan bahwa program festival tahun 2018 diyakini lebih sukses, apalagi dukungan semua media lebih optimal. (adv)