Hari ini Terakhir Pleno Pilgubri Kabupaten/Kota, Tingkat Provinsi Digelar KPU Riau Minggu Lusa

id hari ini, terakhir pleno, pilgubri kabupatenkota, tingkat provinsi, digelar kpu, riau minggu lusa

Hari ini Terakhir Pleno Pilgubri Kabupaten/Kota, Tingkat Provinsi Digelar KPU Riau Minggu Lusa

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum Riau mengumumkan akan melakukan rapat pleno rekapitulasi perolehan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur setempat 2018 pada Minggu (8/7) di salah satu hotel berbintang setempat.

"Pleno rekapitulasi penghitungan suara Pilgub Riau 2018 di masing-masing kabupaten/kota telah selesai, kini kita lanjut pengesahan untuk tingkat provinsi pada 8 Juli, " kata Ketua KPU Riau Nurhamin di Pekanbaru, Jumat.

Nurhamin menjelaskan proses pleno rekapitulasi tingkat provinsi dilaksanakan setelah pleno tingkat kabupaten/kota selesai dan berkasnya diserahkan ke KPU Riau.

"Hari ini tanggal 6 Juli, berdasarkan PKPU merupakan hari terakhir pleno kabupaten/kota dan seluruhnya sudah diserahkan ke kita, " ujarnya.

Selanjutnya sesuai tahapan jadwal untuk tingkat provinsi batas pelaksanaan pleno mulai 7 hingga 9 Juli 2018.

"Makanya kami pilih Minggu 8 Juli," ujar Nurhamin.

Ia menjelaskan sejauh ini proses pleno di tingkat bawah hingga kabupaten berjalan dengan cukup baik. KPU Riau juga sudah mempersiapkan kelengkapan pleno Ahad lusa.

Ditambahkan Nurhamin pada pleno tersebut akan disampaikan secara resmi hasil perhitungan perolehan suara empat paslon Pilgub Riau versi KPU.

Meski berdasarkan Sistem Informasi Perhitungan Suara (Situng) KPU RI sudah menunjukkan kemenangan mutlak untuk Pasangan Calon (paslon) nomor urut 1 Syamsuar -Edy Nasution sambung Amiruddin namun keputusan resmi tetap melalui rapat pleno.

"Situng itu dilakukan untuk mengetahui gambaran hasil Pilgub guna mencegah manipulasi data, hasil final tetap dilakukan manual pada pleno," katanya.

Sebelumnya diberitakan Komisi Pemilihan Umum Pekanbaru secara resmi mengesahkan kemenangan Syamsuar-Edy Nasution sebagai Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau di tingkat kota lewat pleno dengan perolehan suara sebesar 45 persen.

"Jadi KPU lewat pleno sudah mengesahkan Paslon nomor urut 1, Syamsuar - Edy Nasution memperoleh suara terbanyak, diikuti nomor urut 3, seterusnya 4 dan 2," kata Ketua KPU Riau Amiruddin Sijaya usai rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara Pilgub Riau 2018 di Pekanbaru, Rabu.

Amiruddin Sijaya menjelaskan perolehan suara oleh Paslon Syamsuar - Edy Nasution di tingkat Kota Pekanbaru mencapai 138.664 atau meraih 45 persen dari total pemilih.

Selanjutnya diikuti oleh Paslon nomor urut 3 yakni Firdaus - Rusli Effendi dengan perolehan suara 75.821 atau sebesar 25 persen dari total pemilih di Pekanbaru.

Kemudian diikuti oleh Arsdyadjuliandi Rachmand - Suyatno dengan suara 64.204 atau 21 persen ditempat terakhir Lukman Edi - Hardianto hanya 26.046 suara atau 9 persen.

***2***