Sabtu ini 5 TPS di Riau Laksanakan PSU, Bawaslu Pantau Langsung

id sabtu ini, 5 tps, di riau, laksanakan psu, bawaslu pantau langsung

Sabtu ini 5 TPS di Riau Laksanakan PSU, Bawaslu Pantau Langsung

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Sebanyak lima Tempat Pemungutan Suara di Riau melaksanakan Pemungutan Suara Ulang dan Lanjutan pemilihan gubernur setempat serta satu Pemilihan Bupati Inderagiri Hilir, Sabtu (30/6).

Ketua Badan Pengawas Pemilu Provinsi Riau, Rusidi Rusdan di Pekanbaru, Sabtu mengatakan PSU pertama yakni di TPS 1 Desa Gajah Bertalut, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar. Kedua TPS 03 Desa Bunga Raya, Kecamatan Bunga Raya, Siak dan ketiga TPS 13 Kelurahan Bukit Batrem, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai.

"Keempat pelaksanaan Pemungutan Suara Lanjutan di TPS 005 Desa Pekan Tebih Kecamatan Kepenuhan Hulu Kabupaten Rokan Hulu. Hal ini diakibatkan adanya bencana alam banjir pada hari pemungutan suara Rabu (27/6) lalu dimana sekitar 70 orang warga masyarakat tidak dapat datang ke TPS karena lokasinya di seberang sungai," katanya.

Sementara itu satu lagi terdapat pelaksanaan PSU untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Inhil. Lokasinya di tanggal TPS 1 Desa Sungai Luar Kecamatan Batang Tuaka.

Rusidi mengatakan dirinya langsung melakukan monitoring dan suvervisi kegiatan PSU di Desa Gajah Bertalut, Kampar. Dia didampingi Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Kampar, Marhaliman beserta anggota mengaku kedatangannya membuat kaget masyarakat desa dan TPS 01.

"PSU di desa Gajah Bertalut disebabkan jumlah surat suara pada tanggal 27 Juni 2018, hanya diterima sebanyak 63 surat suara dari KPU Kabupaten Kampar. Saat ini Bawaslu bersama Panwaslu Kampar sedang memproses masalah tersebut, apabila terbukti terdapat kesalahan yang disengaja, kami akan bertindak tegas," tambahnya.

Ketua Bawaslu Riau bersama rombongan juga ikut menyaksikan perhitungan surat suara di TPS tersebut hingga selesai. Jumlah pemilih yang datang dan menggunakan hak pilih kata dia sebanyak 189 orang dari total Daftar Pemilih Tetap 293.

Secara keseluruhan dia mengatakan bahwa di Riau ada sebanyak 10 TPS yang melaksanakan Pemungutan Suara Ulang dan Lanjutan. Selain lima TPS di atas sudah ada satu juga yang sudah melaksanakan PSU yakni pada Kamis (28/6) lalu di Kampar.

"Empat lagi dilaksanakan pada Minggu (1/7), tiga TPS di Pekanbaru serta satu di Rokan Hilir," ujarnya.***2***