Musrenbang 2019 Provinsi Riau, Bappeda Bengkalis Usulkan 54 Program Infrastruktur

id musrenbang 2019, provinsi riau, bappeda bengkalis, usulkan 54, program infrastruktur

Musrenbang 2019 Provinsi Riau, Bappeda Bengkalis Usulkan 54 Program Infrastruktur

Bengkalis, (Antarariau.com)- Sektor infrastruktur masih mendominasi usulan pemerintah Kabupaten Bengkalis, Riau dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Riau tahun 2019, yang diusulkan di Musrenbang Provinsi beberapa waktu lalu.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bengkalis Jondi Indra Bustian mengatakan, ada 54 usulan program dan kegiatan untuk RKPD Provinsi Riau tahun 2019 melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Riau.

"Ada sekitar 54 usulan untuk RKPD Provinsi Riau tahun 2019 melalui Dinas PUPR Riau, usulan pembangunan serta peningkatan sektor infrastruktur masih menjadi skala prioritas utama kabupaten Bengkalis yang diusulkan pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Riau minggu lalu di Pekanbaru," kata Jondi Indra Bustian, di Bengkalis, Selasa.

Menurut dia, pembangunan pengaman tebing adalah yang terbanyak untuk mengantisipasi terjadinya abrasi yang berlangsung terus menerus sejak puluhan tahun lalu.

Adapun untuk pengamanan pantai ada sebanyak 13 usulan yang diajukan seperti di desa Meskom, Selatbaru, pantai Alohong desa Sungai Cingam, Tanjung Lapin, Terkul, Muntai, Pambang, Bantan Air, Muntai Barat, Teluk Papal, Bantan Timur dan Parit Satu Api-api.

Selain itu juga ada peningkatan irigasi di desa Api-api, Bantan Air dan Kecamatan Siak Kecil. Kemudian pembangunan drainase kota Bengkalis, Duri dan Sungai Pakning.

Selanjutnyauntuk sektor jalan, diantaranya jalan Sepahat-Sungai Pakning di kecamatan Bukitbatu, jalan Sungai Pakning-Teluk Mesjid dan pelebaran jalan Ketam Putih-Bengkalis.

Selain itu Pemkab Bengkalis juga mengajukan usulan untuk sektor pendidikan sebanyak 34 usulan, lingkungan hidup dan kehutanan 18 usulan, sektor kelautan dan perikanan 25 usulan, perindustrian 2 usulan serta penanggulangan bencana 2 usulan.

"Mudah-mudahan semua yang kita usulkan pada RKPD Pemprov Riau dapat diakomodir dalam APBD tahun 2019 mendatang. Karena semua usulan tersebut sangat urgen, seperti pembangunan pengaman tebing pantai dari hantaman abrasi, jalan maupun pipanisasi," kata Jondi. **