Disdikbud Siak Ajukan Permohonan Bantuan Komputer untuk UNBK SMP ke Pusat

id disdikbud siak, ajukan permohonan, bantuan komputer, untuk unbk, smp ke pusat

Disdikbud Siak Ajukan Permohonan Bantuan Komputer untuk UNBK SMP ke Pusat

Siak, (Antarariau.com) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak, Riau telah mengusulkan permohonan bantuan komputer ke Pemerintah Pusat untuk mendukung pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer tingkat sekolah menengah pertama.

"Kita mengusulkan 29 SMP agar mendapatkan bantuan komputer untuk menunjang UNBK pada Pemerintah Pusat," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak, Lukman, di Siak, Selasa.

Dia mengatakan, usulan tersebut telah disampaikan secara tertulis saat komisi X DPR RI bersama Direktur Pembinaan SMA Kemendikbud datang berkunjung meninjau persiapan UNBK tingkat SMA di Kabupaten Siak pekan lalu.

"Kita mengusulkan sekolah-sekolah yang sudah memiliki ruangan kelas untuk bisa melaksanakan UNBK sebagai pertimbangan," ucap Lukman.

Menurut dia, permohonan bantuan pengadaan sarana komputer itu karena Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sudah berkomitmen untuk menyelenggarakan UBNK bagi semua siswa SMP se-kabupaten Siak.

Dia menjelaskan, pelaksanaan UNBK tingkat SMP pada 2018 ini masih 30 persen. Dari 104 SMP di kabupaten Siak, persentase yang mengikuti UNBK tahun ini sebesar 30 persen dengan rincian 13 sekolah melaksanakan mandiri, 16 sekolah bergabung dan sisanya mengikuti UNKP.

Lukman mengatakan, jumlah bantuan komputer yang diusulkan belum disampaikan, karena dalam permohonan itu, dinas hanya mengajukan daftar SMP yang belum tersedia prasarana untuk menunjang ujian berbasis komputer.

"Kami hanya melaporkan sekolah-sekolah yang belum punya, entah nanti mau dikasih berapa untuk menunjang UNBK tahun mendatang," ungkap dia.

Ketua Komisi I DPRD Siak, Gustimar menyebutkan, kunjungan Komisi X DPR RI dan Kemendikbud ke kabupaten Siak pekan lalu menjadi angin segar untuk wilayah setempat.

"Kita berharap mereka juga meninjau SMP juga kemarin itu, sebab kita juga sudah melaksanakan UNBK di tingkat SMP, namun persentasenya masih 30 persen," ungkap Gustimar.

Komisi yang membidangi pendidikan itu berharap, pemerintah pusat bersedia membantu Kabupaten Siak dalam hal sarana dan prasarana untuk pelaksanaan UNBK.