Arsyadjuliandi Rachman Diberi Gelar Ang Kong Tian oleh Tionghoa Bagan Siapi-Api, Ini Artinya

id arsyadjuliandi rachman, diberi gelar, ang kong, tian oleh, tionghoa bagan, siapi-api ini artinya

Arsyadjuliandi Rachman Diberi Gelar Ang Kong Tian oleh Tionghoa Bagan Siapi-Api, Ini Artinya

Dedi Dahmudi

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Calon Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman yang berpasangan dengan Suyatno mendapat gelar kehormatan dari etnis tionghoa saat menggelar kampanye dialogis bersama lintas etnis yang dipusatkan di Areal Bakar Tongkang Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Minggu malam.

Gelar kehormatan dari etnis tionghoa itu diberikan langsung oleh Ketua Yayasan Multi Marga Tionghoa Indonesia Kabupaten Rohil, Rendy Gunawan.

Selain diberikan kepada Cagub-Cawagubri Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno (AYO), penabalan nama itu juga diberikan kepada Ketua Tim Koalisi Pemenangan Paslon AYO Kabupaten Rohil, Nasrudin Hasan.

"Pak Arsyadjuliandi Rachman kita beri gelar nama Ang Kong Tian. Ang berarti marga, Kong itu cahaya dan Tian membangun, artinya bersifat cahaya membangun. Sementara Pak Suyatno diberi gelar nama Kho Lai Huat. Kho berarti marga, Lai artinya datang dan Huat berarti jaya, jadi artinya asal datang pasti jaya. Sedangkan gelar nama untuk Pak Nasrudin Hasan adalah Ong Chin Huat. Ong berarti marga, Chin artinya bersih dan Huat berarti jaya. Jadi Ong Chin Huat itu artinya bersih dan jaya. AYO Lanjutkan," ujar Rendy Gunawan usai memberikan gelar kehormatan.

Dalam kesempatan itu Cawagubri, Suyatno secara pribadi mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek 2569 kepada masyarakat Tionghoa Kabupaten Rohil.

"Gong Xi Fa Chai, biarpun sudah berlangsung lama dikarenakan saya sibuk. Kami juga menyampaikan terima kasih bahwa di Rohil ini ada lintas etnis yang baru terbentuk. Harapan saya kalau bisa ini dipertahankan terus, karena ini bagus," harap dia.

Suyatno mengaku senang atas pemberian gelar kehormatan dari etnis tionghoa yang ia terima bersama Cagub, Arsyadjuliandi Rachman dan Ketua Tim Koalisi Pemenangan Paslon AYO Kabupaten Rohil, Nasrudin Hasan.

"Sekali lagi kepada warga keturunan tionghoa yang telah memberikan gelar nama saya mengucapkan terima kasih. Sudah ada dua gelar saya selama hidup diberikan, sebelumnya di Baganbatu Kecamatan Bagan Sinembah diberi gelar marga Damanik, jadi Suyatno Damanik. Malam hari ini saya diberi gelar Kho Lai Huat, artinya terus berjaya," ujar Suyatno. ***2***