Masuki Puncak Musim Hujan, Warga Riau Diminta Waspadai Cuaca Ekstrem

id masuki puncak, musim hujan, warga riau, diminta waspadai, cuaca ekstrem

Masuki Puncak Musim Hujan, Warga Riau Diminta Waspadai Cuaca Ekstrem

Pekanbaru (Antarariau.com) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru menyatakan bahwa Provinsi Riau telah memasuki puncak musim hujan, dengan kondisi curah hujan tinggi disertai petir dan angin kencang.

"Dari BMKG sekarang Riau telah memasuki puncak musim hujan. Jadi bulan November kondisinya pada siang akan panas dan sore hingga malam akan terjadi hujan disertai angin kencang," kata Prakirawan BMKG Pekanbaru, Tri Puryanti kepada Antara di Pekanbaru, Selasa.

Ia menuturkan bahwa kondisi cuaca dengan hujan lebat disertai petir dan angin kencang ini diprediksi akan terus berlangsung selama November ini.

Untuk itu, ia meminta kepada masyarakat agar lebih waspada, terutama dengan angin kencang karena kondisi tersebut akan cukup berbahaya.

"Jadi kondisi ini diprediksi terjadi di sebagian wilayah Riau," ujarnya.

Pantauan Antara, hujan disertai angin kencang terjadi dalam dua hari terakhir. Bahkan, pada Senin kemarin (6/11), hujan yang disertai angin dengan kecepatan tinggi menyebabkan sejumlah bangunan di Kecamatan Tampan rusak.

Seperti yang terjadi di Kampus UIN Sultan Syarif Kasim (Suska) Pekanbaru, dimana kubah di kampus yang beralamat di Jalan HR Soebrantas ujung rusak berat. Bahkan, beberapa pohon di kampus terpantau bertumbangan akibat diterpa angin kencang.

Selain itu, hujan yang disertai angin kencang juga membuat Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) perbatasan Pekanbaru dan Kampar rusak.

Bahkan satu unit rumah warga yang berada di Perumahan Nugraha Lestari porak-poranda diterjang angin kencang akibat kondisi tersebut. Akibatnya bagian atas rumah tersebut terbuka dan hanya menyisakan kayu kedudukan atap saja.

Sejumlah reklame dan papan merek toko yang ada disepanjang ruas jalan tersebut juga banyak yang tumbang. Situasi yang terekam kamera warga kini menjadi viral di media sosial.