kampung Buatan Lestari Didaulat Menjadi Desa Sadar Jaminan Sosial

id kampung buatan, lestari didaulat, menjadi desa, sadar jaminan sosial

kampung Buatan Lestari Didaulat Menjadi Desa Sadar Jaminan Sosial

Siak (Antarariau.com) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Perintis Kabupaten Siak, Riau, menjadikan kampung Buatan Lestari, Kecamatan Bunga Raya sebagai desa pertama sadar jaminan sosial.

"Kami menetapkan kampung Buatan Lestari, Bunga Raya sebagai desa pertama sadar BPJS Ketenagakerjaan di Kabupaten Siak," kata Kepala BPJS ketenagakerjaan KCP Kabupaten Siak, Rini Rahmatyani di Siak, Selasa.

Dia mengatakan, untuk peluncuran desa sadar BPJS ketenagakerjaan ini akan dilakukan pada Jumat (27/10) bersama pemerintah kecamatan dan kabupaten Siak.

"Saat ini kami sedang mempersiapkan segala sesuatunya untuk peluncuran (launching) desa sadar BPJS ketenagakerjaan untuk Jumat ini," katanya.

Dia menyebutkan, program tersebut tujuannya untuk memperkenalkan BPJS Ketenagakerjaan hingga pelosok, dengan menjadikan Kampung Buatan Lestari sebagai percontohan Desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan di Kabupaten Siak.

"Hadirnya program ini juga sebagai bentuk pemicu semangat warga dalam memberikan perlindungan terhadap diri warga masing-masing. Terpenting lagi bahwa dengan hal itu juga menumbuhkan semangat gotong royong demi memberikan kenyamanan dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari," kata dia.

Rini mebambahkan, untuk tahap awal ada sebanyak 30 Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan sekitar 500an petani yang terdaftar sebagai peserta BPJS ketenagakerjaan di kampung Buatan Lestari, Bunga Raya.

Pembentukan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan juga sebagai komitmen terhadap Misi BPJS Ketenagakerjaan yaitu melindungi dan menyejahterahkan seluruh pekerja dan keluarganya, meningkatkan produktivitas dan daya saing pekerja serta mendukung pembangunan dan kemandirian perekonomian nasional.