Baru Dibangun, Turap Dermaga Dumai Amblas

id baru dibangun, turap dermaga, dumai amblas

Dumai, 24/5 (ANTARA) - Turap penahan abrasi yang berada di sepanjang dermaga penumpang Kota Dumai, Riau, yang masih dalam pengerjaan lanjutan sudah terlihat rusak hingga amblas.

Berdasarkan informasi yang berhasil dirangkum ANTARA, di Dumai, Senin, amblasnya turap yang dibangun melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) itu, lantaran tiang-tiang pancang yang menumpuk di atasnya sehingga membuat kondisi turap goyah hingga amblas.

Staf Operasional PT Tobe Indah, Johanes, yang merupakan kontraktor pelaksana yang mengerjakan lanjutan pembangunan dermaga penumpang tersebut mengatakan, pihaknya sengaja meletakkan tiang-tiang pancang tersebut agar proses pengerjaan di lapangan menjadi mudah dan cepat.

Terkait robohnya turap, pihaknya telah melaporkan kepada instansi bersangkutan dan menegaskan segera memperbaiki turap tersebut ke kondisi semula begitu pengerjaan proyek di dermaga selesai.

"Sebahagian turap yang amblas itu tidak akan dibiarkan lama, nanti bila kerjaan selesai kita segera bereskan, dan hal ini kita sudah sampaikan kepada kepala pemegang proyek dan diketahui oleh dinas terkait," kata Johanes.

Hasil penelusuran ANTARA terkait amblasnya turap dermaga Dumai, diketahui bahwa hal serupa sebelumnya sempat terjadi pada tahun 2009. Yakni, ketika pengerjaan dermaga penumpang tahap II, badan jalan menuju proyek tersebut mengalami keretakan parah hingga amblas.

Sementara itu, Dinas Perhubungan Kota Dumai melalui Kabid Perhubungan Laut, Indra Buana ketika ditanya perihal tersebut mengatakan jika kondisi itu merupakan hal yang biasa dalam pengerjaan sebuah proyek, terlebih lagi pada proyek besar yang menggunakan material yang tidak sedikit hingga harus menggunakan alat berat dalam pengerjaannya.

"Semua ini harap kita maklumi agar Dumai lebih baik," ucapnya.