Nominal APBD-Perubahan Siak Yang Disahkan DPRD Mencapai Rp1,92 Triliun

id nominal apbd-perubahan, siak yang, disahkan dprd, mencapai rp192 triliun

Nominal APBD-Perubahan Siak Yang Disahkan DPRD Mencapai Rp1,92 Triliun

Siak (Antarariau.com) - DPRD Kabupaten Siak mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Siak 2017 sebesar RP1,92 triliun atau mengalami peningkatan sebesar 14,37 persen dari APBD murni tahun yang sama pada sidang paripurna, Jumat.

Sidang paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Siak Indra Gunawan, juga mengagendakan penyampaian laporan Badan Anggaran (Banggar) terhadap Ranperda tentang Perubahan ABPD 2017. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan persetujuan bersama antara kepala daerah dan DPRD Siak.

Berdasarkan laporan Banggar DPRD Siak atas pembahasan rancangan perubahan APBD 2017 dengan TAPD yang dibacakan oleh perwakilan anggota Banggar DPRD Masri, Banggar dan TAPD dianggap telah mampu melakukan penyesuaian terhadap target pendapatan daerah yang telah ditetapkan.

Masri menyampaikan, Pendapatan Daerah sebelum pembahasan sebesar Rp1,111 triliun, setelah pembahasan menjadi Rp1,920 triliun, terjadi kenaikan sebanyak Rp8,525 miliar. Dengan rincian, Pendapatan Asli Daerah (PAD) naik sebesar Rp38 juta dari Rp266.243.977.969.

Dana Perimbangan sebelum pembahasan Rp1,403 triliun, setelah pembahasan menjadi sebesar Rp1,410 triliun atau terjadi kenaikan Rp6 miliar lebih. Pendapatan lain-lain yang sah sebelum pembahasan sebesar Rp242 miliar lebih dan setelah pembahasan menjadi Rp243 miliar lebih, terjadi kenaikan Rp1,55 miliar lebih.

Sementara belanja daerah sebelum pembahasan sebesar Rp1,780 triliun setelah pembahasan menjadi Rp1,797 triliun meningkat sebesar Rp8,5 miliar. Dengan komposisi belanja tidak langsung sebelumnya sebesar Rp 923.127.315.864 dan setelah pembahasan menjadi Rp923.517.949.495 terjadi peningkatan sebesar Rp390 juta lebih.

Sedangkan belanja langsung sebesar Rp865 miliar lebih setelah pembahasan Rp874 miliar lebih, terjadi kenaikan sebesar Rp8,1 miliar lebih. Sementara sisa lebih anggaran pembiayaan tahun berkenan atau SILPA tidak mengalami perubahan, yakni sebesar Rp 135 miliar.

Wakil Bupati Siak Alfedri dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas kerja keras dari semua pihak, sehingga apa yang diinginkan untuk pembangunan di kabupaten Siak dapat terwujud dengan baik.

"Saya mengapresiasi kepada seluruh tim badan anggaran dan tim anggaran keuangan dari OPD yang telah bekerja keras dan penuh dedikasi serta loyalitas bagi kemajuan daerah," kata Alfedri.

Hasil yang telah di sepakati bersama tadi, lanjut Alfedri, selanjutnya akan disampaikan kepada Gubernur Riau untuk di evaluasi. Sambil menunggu evaluasi tersebut Alfedri meminta kepada pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mempersiapkan administrasi program kegiatan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku, mengingat sisa waktu tahun anggaran tinggal tiga bulan.

"Dengan meningkatnya anggaran perubahan ini, diharapkan kawan-kawan OPD lebih meningkatkan kinerjanya untuk tercapainya sasaran dan target-target yang telah ditentukan," kata dia lagi. (ADV)