Tiga Mahasiswa Penerobos Pidato Wako Pekanbaru Diamankan Polisi

id tiga mahasiswa, penerobos pidato, wako pekanbaru, diamankan polisi

Tiga Mahasiswa Penerobos Pidato Wako Pekanbaru Diamankan Polisi

Pekanbaru (Antarariau.com) - Kepolisian Resor Pekanbaru mengamankan tiga mahasiswa Universitas Riau yang menerobos ketika sidang DPRD pelantikan walikota dan wakil walikota setempat karena ingin memberikan petisi kepada kepala daerah terpilih.

"Setelah diberikan pemahaman, maka mereka membuat surat pernyataan dan akan kita kembalikan untuk beraktifitas belajar," kata Wakil Kepala Polresta Pekanbaru AKBP Edy Sumardi di Pekanbaru, Senin.

Sebelumnya tiga mahasiswa itu masuk ruang sidang paripurna ketika Walikota Pekanbaru terpilih, Firdaus memberikan pidato politik pertama usai dilantik pagi ini. Mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa UR itu memberikan tujuh petisi tuntutan rakyat terhadap walikota terpilih.

Aksi ini dilaksanakan Akbar Anggriawan, Mentri Soaial dan Politik BEM UR, Muhammad Zuhri, staff Kemensospol, dan Gagas Prakarsa, Menteri Dalam Univeraitas.

Protes mahasiswa UR itu disampaikan ke depan mimbar saat pidato Firdaus, calon petahana yang kembali memimpin, berlangsung sekitar satu menit.

"Ini apirasi kami atas kekecewaan selama bapak Firdaus memimpin," kata seorang mahasiswa yang menggunakan jaket almamater biru muda sambil berteriak hidup mahasiswa sebanyak tiga kali.

Usai aksi yang mengagetkan itu mahasiswa keluar ruangan dan langsung diamankan oleh petugas ke dalam salah satu ruangan anggota DPRD Pekanbaru. Tak lama kemudian dibawa aparat kepolisian ke Polsek Pekanbaru Kota yang tak jauh dari Gedung DPRD.

Wakapolres menyatakan bahwa pemahaman diberikan bahwa sidang paripurna sangat penting dan sudah teragendakan dengan baik. Polisi melayani mahasiswa dengan menjadi konsultan yang solutif yaitu menanyakan motivasi dan memberikan pemahaman tentang etika komunikasi dan saling menghargai agenda penting yang sedang berjalan.

Menanggapi pengakuan mahasiswa saat digiring ada dirasakan pemukulan , wakapolres menyatakan akan melakukan pendalaman terhadap peristiwa itu. Yang jelas, lanjut dia, polisi memberikan pelayanan yang baik kepada yang bersangkutan ketika diberi pencerahan.