49.313 Siswa Tingkat Menengah Atas Riau Ikut Ujian UNBK

id 49313 siswa, tingkat menengah, atas riau, ikut ujian unbk

49.313 Siswa Tingkat Menengah Atas Riau Ikut Ujian UNBK

Pekanbaru (Antarariau.com) - Dinas pendidikan Provinsi Riau menyebutkan bahwa sekitar 85 persen siswa SMA sederajat yang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tahun ini, dan pada 2018 ditargetkan menjadi 90 persen.

"Sedangkan untuk sarana/prasarana pelaksanaan UNBK di Riau ini sudah mencapai 63 persen, mudah-mudahan kedepan juga dapat lebih ditingkatkan menjadi 90 persen," kata Kepala Bidang Pembinanaan SMA sekaligus Wakil Ketua Panitia UN SMA Provinsi Riau Yefri Nelwin di Pekanbaru, Senin.

Ia memaparkan berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Provinsi Riau, peserta didik di Riau yang terdiri dari SMA/MA/SMK termasuk SMA Luar Biasa (LB) yang siap untuk mengikuti UN ada sebanyak 78.485 siswa.

"Dan yang melaksanakan UNBK berjumlah 49.313 siswa, yaitu tingkat SMA sebanyak 27.068 orang, MA 1.225 orang serta SMK sebanyak 21.020 orang, sedangkan siswa SMA sederajat yang mengikuti Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) totalnya ada 39.085 siswa, dengan rincian di tingkat SMA 27.218 siswa, MA ada 8.319 dan SMK 3.548 siswa," jelasnya.

Ia mengatakan bahwa keterbatasan jumlah komputer yang ada di Provinsi Riau menjadi salah satu sebab sejumlah siswa masih melaksanakan UN dengan sistem UNKP, dan selain itu juga terkendala dengan terbatasnya jaringan internet di sejumlah daerah di Riau.

Untuk mengatasi hal ini, Pemerintah Provinsi Riau menyebutkan telah melakukan koordinasi dan kerjasama dengan PLN serta jaringan Telkomsel guna mendukung suksesnya pelaksanaan UNBK di Riau, khususnya di daerah 3T.

"Alhamdulillah respon pihak-pihak terkait juga sangat baik mudah-mudahan pelaksanaan ujian nasional ini berjalan lancar," ucapnya.