Bupati Kuansing Klaim Pacu Jalur Sebagai Even Nasional

id bupati kuansing, klaim pacu, jalur sebagai, even nasional

Bupati Kuansing Klaim Pacu Jalur Sebagai Even Nasional

Teluk Kuantan (Antarariau.com) - Bupati Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Mursini mengatakan kegiatan pacu jalur yang ada di daerah itu merupakan even nasional dan hanya dapat disaksikan di Kuansing.

"Pacu Jalur ini merupakan sebuah perlombaan mendayung di sungai dengan menggunakan sebuah perahu panjang yang terbuat dari kayu pohon," kata Bupati Kuansing Mursini.

Ia menjelaskan panjang perahu ini bisa mencapai 25 hingga 40 meter dan lebar bagian tengah kir-kira 1,3 m s/d 1,5 m, dalam bahasa penduduk setempat, kata Jalur berarti Perahu.

"Setiap tahunnya, sekitar tanggal 23-26 Agustus, diadakan Festival Pacu Jalur sebagai sebuah acara budaya masyarakat tradisional Kabupaten Kuantan Singingi,Riau bersamaan dengan perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan kegiatan ini sudah menasional," ujarnya.

Ia mengatakan pacu jalur biasanya dilakukan di Sungai Batang Kuantan. Hal ini tak lepas dari catatan panjang sejarah, Sungai Batang Kuantan yang terletak antara Kecamatan Hulu Kuantan di bagian hulu dan Kecamatan Cerenti di hilir, telah digunakan sebagai jalur pelayaran jalur sejak awal abad ke-17.

"Dan, di sungai ini pulalah perlombaan pacu jalur pertama kali dilakukan. Sedangkan, arena lomba pacu jalur bentuknya mengikuti aliran Sungai Batang Kuantan, dengan panjang lintasan sekitar 1 km yang ditandai dengan enam tiang pancang," paparnya. (ADV)