Sekda Rohil: Dengan Rp350.000 Bisa Berlibur Ke Pulau Jemur

id sekda rohil, dengan rp350000, bisa berlibur, ke pulau jemur

Sekda Rohil: Dengan Rp350.000 Bisa Berlibur Ke Pulau Jemur

Rokan Hilir (Antarariau.com) - Pemkab Rokan Hilir, Provinsi Riau memutuskan bersama pihak ketiga pemilik kapal bahwa hanya dengan Rp350.000 sudah bisa pergi ke Pulau Jemur di Kecamatan Pasir Limau Kapas.

"Kami terus melakukan persiapan terkait transportasi menuju Pulau Jemur. Bahkan sudah disepakati ongkos per orang untuk pergi ke Pulau terluar itu sebesar Rp350.000," kata Pelaksana tugas Sekretaris Daerah Rohil, Surya Arfan di Bagansiapiapi, Rabu.

Ia mengatakan bahwa Pulau Jemur salah satu gugusan Kepulauan Arwah yang memiliki panorama alam yang indah dan penyu hijau.

Untuk menarik perhatian para pengunjung, Pemkab Rohil juga akan menyiapkan sebanyak lima unit Boat yang siap digunakan untuk memancing oleh para wisatawan.

"Eksotis Pulau Jemur menjadi wisata Bahari andalan Rohil. Jadi memang dijadwalka pada 24 Desember 2016 nanti akan segera dilaunching. Bagi masyarakat yang mau kesana sudah kita sediakan transportasinya," kata Sekda.

Ia menjelaskan, secara bertahap berbagai fasilitas di Pulau Jemur akan segera dilengkapi termasuk penginapan para pengunjung.

"Untuk sementara Mess yang dibangun berbentuk kamar sudah ada, hanya saja perlu perbaikan karena sudah lama tidak ditempati," tuturnya.

Seperti diketahui bersama Pulau Jemur yang terletak diperbatasan Selat Malaka dan Malaysia itu memang menawan, hanya saja belum memiliki jaringan telekomunikasi.

"Saat ini Pemkab Rohil sedang mengupayakan untuk membangun tower dan akan kita siapkan lahannya," sebut Surya.

Di Pulau Jemur juga terdapat Pos Navigasi, Pos Angkatan Laut dan Mess Pemda. Didalamnya juga terdapat bangunan tua masa Penjajahan Belanda serta Makam Prajurit Trikora. Warna pasirnya khas berwaran putih disepanjang pantai, namun harus berhati-hati saat berenang karena banyak bebatuan kapur di bibir pantai.

"Berbeda dengan Pulau Labuhan Bilik yang terletak diseberang Pulau Jemur juga sudah berdiri Pos dari Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlut) Rohil. Disini warna pasirnya berwarna putih. Selain itu juga terdapat sebuah sumur air tawar yang sangat jernih," ucap Sekda.

Masih banyak pulau-pulau lainnya yang berbatasan dengan Selat Malaka ini, diantaranya Pulau Batu Mandi yang terdapat Mercusuar yang dibanguan pemerintah.

"Hanya saja pulau ini berbentuk kecil dan sangat tidak mungkin untuk dikunjungi, karena selain sulit kapal bisa merapat akibat banyaknya batu kapur," katanya.

Selain tiga pulau itu juga terdapat pulau kecil lainnya seperti Pulau Pertandangan, Pulau Batu Adang, Pulau Batu Berlayar, Pulau Tokong Mas, Pulau Tokong Simbang dan Pulau Tokong Pucung.

"Di Pulau ini banyak pohon rindang, namun harus berhati-hati karena banyak ular di pepohonan sehingga tidak dibenarkan untuk duduk diatas pohon yang berada didekat pantai," tuturnya. (ADV)

Oleh: Dedi Dahmudi