Disbun: Tingkatkan Produksi Kelapa Dengan Trio Tata Air

id disbun tingkatkan produksi kelapa dengan trio tata air

Disbun: Tingkatkan Produksi Kelapa Dengan Trio Tata Air

Tembilahan, (Antarariau.com) - Dinas Perkebunan Kabupaten Indragiri Hilir berupaya meningkatkan produktifitas kelapa dengan memperbaiki trio tata air yang dinilai mampu meminimalisir kerusakan lahan perkebunan.

"Saat ini kerusakan lahan perkebunan kelapa milik rakyat sudah sangat mengkhawatirkan karena telah mencapai hingga 100 ribu hektar," kata Sekretaris Dinas Perkebunan Kabupaten Indragiri Hilir Ramdani di Tembilahan, Senin.

Ia menyebutkan hampir 100 ribu hektar dari sekitar 400 ribu hektar lahan perkebunan kelapa masyarakat Indragiri Hilir berada dalam kondisi kritis.

Oleh sebab itu, lanjutnya, pembangunan trio tata air berupa tanggul mekanik, tanggul manual dan pintu klep menjadi prioritas pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir.

"Karena hal itu semua dapat mencegah terjadinya intrusi air laut masuk ke perkebunan kelapa masyarakat," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa pembangunan trio tata air ini dapat mengamankan kebun kelapa rakyat dari air banjir atau air pasang.

"Disamping itu, trio tata air secara tidak langsung juga dapat meningkatkan produksi serta produktivitas kelapa yang ada di Indragiri Hilir," jelasnya. (adv)