Xpress Air Segera Operasikan Rute Bandung-Pekanbaru

id xpress air, segera operasikan, rute bandung-pekanbaru

Xpress Air Segera Operasikan Rute Bandung-Pekanbaru

Pekanbaru (Antarariau.com) - Tutupnya maskapai AirAsia dalam melayani rute penerbangan tujuan Bandung pada Agustus 2016, membuat Xpress Air menargetkan rute Bandung-Pekanbaru segera beroperasi di tahun ini.

"Estimasinya pada bulan akhir (Desember) di tahun 2016 ini," papar Kepala Stasiun Xpress Air Cabang Pekanbaru, Rizon Jayadi di Pekanbaru, Selasa.

Menurutnya, tim komersial operator dari perusahaan penerbangan tersebut saat ini sedang mempersiapkan segala sesuatu terkait dengan operasional penambahan rute domestik itu.

Terutama pada bandara asal yakni Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung dan bandara tujuan di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru.

Pihak mengklaim, pengelola bandara dan AirNav terutama di Pekanbaru sangat mendukung terhadap recana Xpress Air menambah penerbangan di bandara setempat.

"Kita sekarang ini, sedang pada tahap persiapan menunggu tambahan unit pesawat. Dan tipe pesawat yang digunakan utuk rute ini yaitu Boeing 737-500," terangnya.

Operasional maskapai Xpress Air di Pekanbaru sejak 18 Desember 2015, telah melayani tiga rute yakni Palembang-Pekanbaru, Pekanbaru-Tanjungpinang dan Pekanbaru-Malaka masing-masing pergi pulang.

Seperti diketahui, operator ini berdiri pada tahun 2003 yang kini melayani 38 rute dengan ketersediaan armada 14 unit pesawat dari berbagai tipe seperti Dornier 328-800 dan Boeing 737 seri 300/500.

"Rute Bandung-Pekanbaru sengaja kita lirik, salah satunya untuk layani transportasi udara pada bidang pariwisata dan bisnis di Kota pekanbaru," tambah Rizon.

Pada awal Agustus ini, maskapai AirAsia resmi menghentikan operasional rute Pekanbaru-Bandung dengan alasan modal perusahaan milik pengusaha Malaysia tersebut.

"Mereka sudah ajukan surat ke kami, resmi sejak 1 Agustus lalu rute Pekanbaru-Bandung atau sebaliknya sudah dihentikan," kata Kepala Divisi Pelayanan dan Operasional Bandara Internasional SSK II, Hasturman.

Otomatis rute penerbangan langsung Pekanbaru-Bandung cuma dilayani satu operator yakni dari grup maskapai Garuda Indonesia, yaitu Citilink Indonesia dengan jadwal pergi pulang satu kali sehari.