Xpress Air Mulai Berlakukan Rute Pekanbaru-Matak Dua Kali Sepekan

id xpress air, mulai berlakukan, rute pekanbaru-matak, dua kali sepekan

Xpress Air Mulai Berlakukan Rute Pekanbaru-Matak Dua Kali Sepekan

Pekanbaru (Antarariau.com) - Maskapai swasta nasional Xpress Air terbangi rute Pekanbaru-Matak melalui Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, pergi pulang dua kali dalam sepekan terhitung mulai Jumat (9/9).

Kepala Stasiun Xpress Air Cabang Pekanbaru, Rizon Jayadi di Pekanbaru, Jumat, mengatakan rute domestik tersebut diterbangi dengan menggunakan pesawat kecil jenis Dornier 328-100 berkapasitas 32 kursi.

"Jadi mulai esok atau tanggal 3 September, kita terbangi rute baru yakni Pekanbaru-Matak via Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah di Tanjungpinang setiap hari Sabtu dan Senin," ucapnya.

Dia katakan, pihaknya telah mendapatkan slot time atau jadwal penerbangan baik bandara terdapat di Tanjungpinang maupun bandara tujuan yakni Bandara Matak terdapat di Kecamatan Palmatak, Kabupaten Kepulauan Anambas.

Xpress Air ingin sasar terutama para pekerja di sektor minyak dan gas bumi serta pariwisata karena wilayah Anambas terkenal dengan pulau tropis terindah nomor satu di Asia Tenggara.

Seperti diketahui, landasan pacu di Bandara Matak memiliki panjang berukuran 1.929 meter dengan lebar 45 meter, sehingga lebih cocok bagi pesawat kecil seperti ATR 72-500, lalu Fokker 50, Dornier maupun Cessna.

"Selain hal itu, kami juga ingin hubungkan silaturahim warga di Riau dengan keluarga mereka terdapat di Anambas maupun Tanjungpinang," ucapnya.

Direktur Komersial Xpress Air Swandono Poermomo mengatakan secara khusus potensi wisata bahari di Kepulauan Anambas belum terkenal baik bagi wisatawan domestik, apalagi turis asing.

"Ini terjadi mungkin karena sulitnya akses menuju pulau tersebut. Padahal, terdapat objek wisata menarik seperti panorama pantai indah dengan air laut yang begitu jernih," bebernya.

Tercatat, Xpress Air Xpress Air melakukan ekspansi usaha di Pekanbaru tepatnya pada tanggal 18 Desember 2015 dengan menerbangi dua rute sekaligus yakni Pekanbaru-Palembang dan Pekanbaru-Tanjungpinang pergi pulang.

Terhitung pada 29 April 2016 maskapai tersebut melayani rute internasional Pekanbaru-Malaka di negeri jiran Malaysia dengan pasar wisata kesehatan empat kali dalam sepekan.