Pemkab Rohil Harapkan Perusahaan Setempat Ikut Sukseskan Hari Anti Korupsi

id pemkab rohil harapkan perusahaan setempat ikut sukseskan hari anti korupsi

Pemkab Rohil Harapkan Perusahaan Setempat Ikut Sukseskan Hari Anti Korupsi

Rokan Hilir (Antarariau.com) - Pemkab Rokan Hilir, Provinsi Riau meminta kepada semua perusahaan yang beroperasi didaerah itu untuk ikut berpartisipasi dalam mensukseskan Hari Anti Korupsi Sedunia yang akan diperingati pada Desember mendatang.

Pelaksana tugas Sekretaris Daerah Rokan Hilir, Surya Arfan di Bagansiapiapi, Jumat mengatakan Hari Anti Korupsi Sedunia Desember mendatang, Provinsi Riau ditunjuk sebagai tuan rumah secara nasional. Sesuai arahan Gubernur bahwa seluruh kabupaten/kota diminta ikut mensukseskan.

"Makanya kami mengundang dan mengumpulkan semua perusahaan, termasuk pengusaha yang ada di Rohil. Tujuannya untuk ikut berpartisipasi mensukseskan acara peringatan ini," kata Surya Arfan saat memimpin rapat persiapan Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia di Aula Kantor Bupati Rohil, Jumat.

Sekda mengatakan bahwa dalam memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia nantinya ada kegiatan yang dilaksanakan di Rokan Hilir, karena surat edaran dari Provinsi menginstruksikan untuk membuat kegiatan sempena peringatan tersebut.

"Untuk acara ini kita tunjuk Dewan Kesenian Daerah (DKD) Rohil yang melaksanakannya. Jadi kami minta partisipasi perusahaan yang kita undang," katanya.

Pendanaan acara ini menurut dia tidak diperbolehkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengeluarkan dari dana pemerintah daerah, sehingga merangkul perusahaan dan pengusaha yang ada di Rokan Hilir.

"Jadi nanti pihak DKD Rohil akan membuat proposal dan selanjutnya disampaikan ke perusahaan. Untuk kegiatan yang akan dilaksanakan nanti masih kita pilih dan sesuaikan," ucapnya.

Sekda meminta DKD Rohil untuk kembali mengundang para pengusaha dan perusahaan. Pasalnya dalam rapat tersebut hanya sebagian kecil saja yang hadir.

"Kami akan bantu fasilitasnya, namun saya tegaskan bahwa dana kegiatan itu tidak boleh sepersen pun dari pemerintah daerah," tegas Surya Arfan. (ADV)

Oleh: Dedi Dahmudi