Ratusan Pemuda Bengkalis Ikuti Napak Tilas Sambut Hari Pahlawan

id ratusan pemuda, bengkalis ikuti, napak tilas, sambut hari pahlawan

Ratusan Pemuda Bengkalis Ikuti Napak Tilas Sambut Hari Pahlawan

Bengkalis (Antarariau.com)- Sebanyak 550 pelajar dan pemuda dari tiga kecamatan di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, mengikuti napak tilas menyambut peringatan Hari Pahlawan, Selasa.

Napak tilas 2016 yang dilepas Bupati Bengkalis Amril Mukminin di monumen perjuangan masyarakat Desa Selatbaru, Kecamatan Bantan itu diikuti sebanyak 55 regu masing-masih terdiri dari 10 orang.

Para peserta mengenakan berbagai aneka atribut, mulai dari atribut ala militer lengkap dengan minatur senjata, semi militer, pejuang rakyat tempo dulu, atribut petani lengkap dengan topi capeng, maupun atribut sekolah.

Napak tilas sempena Hari Pahlawan 2016 pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika sebelumnya dimulai dari kota Bengkalis, namun pada tahun ini dimulai dari Selatbaru yang Mengambil jalan kilas balik perjalanan para pejuang rakyat pada 1948 atau 68 tahun lalu.

Dari informasi yang didapat, 68 tahun lalu, tepatnya tanggal 3 Desember 1948, Penghulu Kampung Selatbaru, Ali Dasuki memberangkatkan 41 Pejuang Rakyat untuk bergabung dengan Tentera Republik Indonesia (TRI) di bawah pimpinan Letda R Soebrantas di Pendekik.

Dengan semangat juang yang tinggi untuk mengusir penjajah Belanda yang bermarkas di Kota Bengkalis, 41 Pejuang Rakyat berangkat jelang malam dari Selatbaru, menuju Pasiran, masuk Jalan Deluk untuk menuju Pendekik.

Saat berjuang melawan penjajah Belanda, Pejuang Rakyat dari Selatbaru ini bersama TRI dan pejuang lain di Desa Pedekik, mendapat perlawanan sengit, sehingga gugur lima pejuang yang dimakamkan di Tanah Makam Pahlawan Kesuma Kesatria Bengkalis. Mereka adalah, Sudarman, Sogimen, Mesran, Moniran dan Diran.

Untuk mengenang jasa pahlawan, napak tilas yang ditaja oleh Dinas Sosial itu dilakukan setiap tahunnya.

Adapun, pada hari pertama napak tilas, para peserta berjalan kaki menempuh perjalanan hampir 27 Km, rute yang ditempuh Jalan Sudirman Selatbaru, Jalan Kartini, Jalan Imam Bulqin Desa Pasiran, masuk ke Desa Bantan Tua, kemudian masjuk ke Jalan Delik mengarah kawasan perkebunan PT Meskom.

Kemudian pada hari kedua pada Rabu (9/11) sebanyak 550 peserta akan kembali bergerak menelusuri jalan sepanjang sekitar 28 Km, rute yang ditempuh mulai dari kawasan PT Meskom, menelusuri jalan Pangkalan Batang, Jl Abdul Rasyid, Simpang Bangkinang, masuk ke Desa Pendekik dan berakhir di Bumi Perkemahan. (ADV)