Robot Peliharaan Curi Perhatian Pengunjung Indocomtech 2016

id robot peliharaan, curi perhatian, pengunjung indocomtech 2016

Robot Peliharaan Curi Perhatian Pengunjung Indocomtech 2016

Jakarta (Antarariau.com)- Perusahaan mainan pintar (smart toys) asal Kanada, WowWee, ikut meramaikan gelaran Indocomtech 2016 dengan membawa tujuh varian mainan robot, diantaranya Chip si robot peliharaan.

"Di Indocomtech 2016 kami hanya memamerkan produk untuk perkenalan," kata Melisa Gozal, marketing PT Surga Mainan Indonesia, agen eksklusif WowWee di Indonesia, kepada ANTARA News, Jumat.

Layaknya hewan peliharaan, Chip yang berbentuk menyerupai anak anjing "dapat berkomunikasi" dengan pemilik melalui teknologi pengenal suara manusia (human voice recognition).

Pemilik dapat memerintahkan Chip untuk duduk, berbaring, menari, bahkan melakukan gerakan yoga. Sayangnya, perintah suara hanya dapat dilakukan dalam bahasa Inggris.

Misalnya, saat seseorang memerintahkan sit down, maka Chip akan duduk. Begitu pula dengan perintah lay down, maka ia akan berbaring, dan Chip akan bergerak maju mundur layaknya menari saat diperintah lets dance.

Chip juga dilengkapi roda mekanium (mechanium wheels) yang memungkinkan robot tersebut bergerak bercakupan area yang luas (omnidirectional) di berbagai jenis permukaan lantai.

Tidak hanya itu, Chip juga dibekali sensor gerak (gesturesense) yang memungkinkan untuk berinteraksi melalui sentuhan, usapan dan tepuk tangan. Chip dilengkapi piranti bluetooth untuk terhubung dengan telepon selular kelas cerdas (smartphone) melalui aplikasi yang tersedia di App Store dan Play Store.

Selain itu, Chip juga dilengkapi teknologi beaconsense yang membuatnya merasakan lingkungan disekitarnya. Misalnya, saat kehabisan daya chip akan mencari smart bed atau tempatnya untuk isi ulang daya. Isi ulang daya dilakukan selama 20 menit untuk sejam permainan.

Chip juga terhubung dengan smartband yang dapat dipakai pemilik untuk mengajak robot peliharaannya itu berkeliling. Dengan piranti cerdas nirkabel di tangan sang empunya itu, Chip mampu mengikuti.

Selain Chip, WowWee juga membawa enam robot mainan lain berbentuk dinosaurus MiPosaur, robot mainan berbentuk mobil Revcar dan Revair, mainan robot Robosapiens, robot multi fungsi dan mandiri Mip, dan robot edukasi Coji.

Robot edukasi Coji dapat digunakan untuk mengajarkan anak dasar-dasar pemograman dengan menggunakan bahasa emoji. Robot tersebut diharapkan mampu mengembangkan ketrampilan STEM (Science, Teknology, Engineering, Math) pada anak. Coji dapat dimainkan dengan aplikasi atau tanpa aplikasi.

Sementara robot multi fungsi dan mandiri Mip dapat berfungsi lebih dari sekedar mainan. Berdiri di atas roda ganda dan dilengkapi dengan teknologi sensor gerakan yang mengontrol setiap gerakan tangan, Mip mampu membawa beban di tangannya, seperti minuman dalam kemasan.

Robot-robot dari WowWee tersebut dibandrol dengan harga Rp 1,3 juta sampai Rp 5 juta. Robot WowWee akan mulai tersedia di pasar Indonesia secara online dan offline pada pertengahan Desember mendatang.

"Akan tersedia di iBox, ELC, Toys Kingdom, Lazada dan Sogo," ujar Melisa.