Perayaan Pawai Budaya Siak Dimeriahkan Tiga Negara Serumpun

id perayaan pawai, budaya siak, dimeriahkan tiga, negara serumpun

Perayaan Pawai Budaya Siak Dimeriahkan Tiga Negara Serumpun

Siak (Antarariau.com) - Tiga negara serumpun seperti Thailand, Singapura dan Malaysia ikut meriahkan pawai budaya di kabupaten Siak dalam rangka perayaan hari jadi yang ke-17 sekaligus sempena Festival Siak Bermadah (FSB).

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Siak Hendrisan melaporkan bahwa pawai budaya tahun 2016 ini juga ikut dimeriahkan oleh tiga negara serumpun yakni Thailand, Singapura dan Malaysia.

Serta beberapa provinsi Indonesia seperti Kalimatan Barat, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Lampung dan Bengkulu. Kemudian tiga kabupaten/kota provinsi Riau yakni Kuantan Singingi, Rokan Hilir, dan Pekanbaru.

Sementara untuk perlombaan pawai budaya itu sendiri diikuti oleh 14 kecamatan yang ada di kabupaten Siak yang menampilkan seni dan budaya masing-masing daerah.

"Jika tahun sebelumnya pawai budaya hanya diikuti oleh 14 kecamatan yang ada kabupaten Siak. Pada tahun 2016 partisipasi yang mengikuti pawai meningkat, yang dibuktikan dengan keiikutsertakan beberapa peserta dari negara Thailand, Singapura, dan Malaysia. Kemudian juga dari lima provinsi Indonesia dan tiga kabupaten/kota Riau," kata Hendrisan.

Diterangkannya pawai budaya ini bertujuan untuk mengangkat nilai seni dan budaya yang ada di kecamatan kabupaten Siak. Selain itu juga sebagai ajang promosi wisata Siak ditingkat nasional dan internasional.

Lebih lanjut pawai budaya dimeriahkan oleh 100 pemain drum band dan kompang. Kemudian berlanjut pada penampilan dari tiga negara serumpun dan lima provinsi Indonesia yang menampilkan tari tradisional daerah masing-masing dihadapan masyarakat kabupaten Siak.

Bupati Syamsuar dalam sambutannya menyampaikan bahwa pawai budaya adalah salah satu rangkaian acara Ulang Tahun Siak ke-17 dan sempena Festival Siak Bermadah yang ke-14.

Dia menuturkan bahwa FSB tahun ini bertemakan "Adat Dijunjung Budaya Disanjung". Dia juga berharap kedepannya akan semakin banyak peserta dari negara serumpun dan juga daerah-daerah provinsi Indonesia.

Berdasarkan pantauan Antara pawai budaya berlangsung dengan sangat meriah, ribuan masyarakat memadati lapangan depan Istana Siak. peserta negara serumpun menampilkan tarian khasnya masing-masing. Begitu juga dengan kelima daerah provinsi Indonesia.

Oleh: Nella Marni