Pemkab Siak Targetkan Distribusi 100 "Sehat" Warga Pesisir

id pemkab siak, targetkan distribusi, 100 sehat, warga pesisir

Pemkab Siak Targetkan Distribusi 100 "Sehat" Warga Pesisir

Siak (Antarariau.com) - Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan kabupaten Siak berharap distribusi pemberian Sertifikat Hak Atas Tanah (SEHAT) nelayan bisa memenuhi target yang sudah ditetapkan sebagai bentuk bantuan dan perlindungan kepada masyarakat pesisir.

"Tahun ini kami menargetkan distribusi SEHAT nelayan bisa mencapai 100 sertifikat," kata Kadis Disnakkanla Siak Susilawati di Siak, Kamis.

Dia mengatakan pihaknya terus gencar mensosialisasikan dan mengimbau kepada masyarakat pesisir untuk memenuhi dokumen-dokumen dalam pengurusan kartu SEHAT nelayan.

"Namun permasalahan yang kami temui dalam pengurusan SEHAT ini, sering kali didapati tanah yang ditempati nelayan tersebut kepemilikannya melebihi satu orang, itu menjadi salah satu kendala dalam pengurusan sertifikat," paparnya.

Susilawati juga menyampaikan bahwa pengurusan SEHAT nelayan sudah dimulai sejak beberapa tahun lalu. Katanya bentuk bantuan dari Disnakkanla Siak terhadap masyarakat pesisir daerah setempat tidak hanya berbentuk penerbitan sertifikat tanah, tetapi ada juga pendirian koperasi yang bekerjasama dengan dinas koperasi dan UMKM provinsi Riau.

"Pemberian SEHAT nelayan ini gunanya untuk memberikan akses dan jaminan tempat tinggal yang legal sekaligus bisa digunakan sebagai aktifitas ekonomi yang lainnya," paparnya.

Seperti diketahui SEHAT nelayan merupakan salah satu program dari Kementerian Kelautan dan Perikanan yang bertujuan untuk memberikan jaminan pada nelayan dalam meningkatkan kualitas pemukiman yang layak, permanen dan sehat serta memfasilitasi penyediaan aset yang dapat digunakan sebagai jaminan untuk memperoleh modal usaha dan meningkatkan kepastian dan keberlangsungan hidup usaha nelayan.

Hingga tahun 2015 SEHAT nelayan sudah didistribusikan sebanyak 250 sertifikat. Sementara 2016 ditargetkan akan ada 100 lagi yang akan disasar pada masyarakat pesisir lainnya.

Oleh: Nella Marni