Aflikasikan P4S Akan Memberi Nilai Tambah Sekolah dan Anak Didik

id aflikasikan p4s, akan memberi, nilai tambah, sekolah dan, anak didik

Aflikasikan P4S Akan Memberi Nilai Tambah Sekolah dan Anak Didik

Siak Hulu, (Antarariau.com) - Kepala sekolah (Kepsek) sekecamatan Kuok sebanyak 29 orang mulai dari tingkat SD sampai SMA bersama kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) P&K Kecamatan Kuok Abdul Rauf berkunjung ke PKBM dan P4S Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu.

Pada Kunjungan ini disambut dan dibimbing langsung oleh kepala Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu H.Syafaruddin Samiun dan ketika di PKBM oleh Surya selaku pimpinannya.

Dijelaskan kepala P4S H.Syafruddin Samiun,SI, M.Si, tujuannya agar para kepala sekolah paham dan dapat menjelaskan kepada para guru sekaligus anak didik dan mengaflikasikan di sekolah apa itu program P4S," katanya.

Ketika dilahan Rumah Tangga Mandiri Pangan dan Energi (RTMPE) yang merupakan demplot atau lahan percontohan aflikasi P4S, dijabarkan bagaimana cara beternak sapi sebanyak enam ekor mampu menghasilkan urine sapi yang dikelola hingga menghasilkan pupuk biourine dan biogas dari kotoran padat hingga mampu menghasilkan uang sampai puluhan juta dari hasil kororan sapi saja ditambah penghasilan dari anak sapi pertahun sebagai tabungan.

Selain itu juga cara mengembangkan dan memelihara ikan dengan pola terpal, ternak ayam sampai sebanyak seratusan ekor ayam, cara memanfaatkan lahan untuk pertanian dan rumah jamur, semua bidang ini dikelola dilahan hanya 1000 meter saja," imbuhnya.

Aflikasikan Sesuai kemampuan sekolah program P4S, Insyaallah akan memberikan pemasukan tambahan baik ilmu maupun uang bagi sekolah terlebih ilmunya bagi anak didik," ujar Syafruddin.

Begitu juga ketika sebelumnya saat rombongan meninjàu tempat latihan menjahit di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dijelaskan Surya, ini tempat pendidikan dan latihan menjahit bagi kaum perempuan Kampar yang putus sekolah atau ibu-ibu yang menganggur.

Setelah selesai diklat mereka mendapat order dari Pemda untuk pakaian sekolah, jadi dengan program baju sekolah murah bagi anak didik ini mereka sangat terbantu dapat order menjahit begitu juga para orang tua anak didik terbantu dengan harga pakaian sekolah yang lebih murah," ungkapnya. (Adv)

Pewarta :
Editor: Netty Mindrayani
COPYRIGHT © ANTARA 2016