5 Minuman Khas Indonesia

id 5 minuman, khas indonesia

5 Minuman Khas Indonesia

Jakarta (Antarariau.com)-Selain terkenal dengan makanannya, Indonesia juga kaya dengan aneka ragam jenis minuman. Hampir ditiap wilayah Indonesia memiliki minuman khasnya masing-masing. Ingin tahu apa saja? Berikut sajian 5 minuman khas di Indonesia.

1. Bir Pletok

Saat mendengar namanya, Anda pasti menduga minuman satu ini mengandung alkohol dan memabukkan. Namun dugaan Anda tersebut keliru. Bir pletok merupakan minuman khas Betawi yang terbuat dari aneka rempah-rempah seperti jahe, kapulaga, sereh, kayu manis, kayu secang dan gula. Minuman ini akan memberikan efek hangat dan menyegarkan bagi tubuh saat diminum. terlebih jika disajikan dingin dengan ditambah es batu.

2. Es Oyen

Es oyen merupakan minuman khas masyarakat Jawa Timur khususnya daerah Sidoarjo dan Surabaya. Namun beberapa sumber ada yang mengatakan bahwa minuman ini berasal dari Bandung. Tampilannya sangat mirip dengan es campur. Pada minuman ini tercampur berbagai jenis bahan makanan seperti alpukat, nangka, jelly, kelapa muda, rumput laut, pacar cina, cincau, susu kental manis dan air gula serta es batu. Minuman ini sangat nikmat disajikan saat cuaca panas.

3. Bandrek

Bandrek adalah minuman yang dikenal memiliki manfaat untuk menghangatkan tubuh. Minuman khas Jawa Barat ini biasanya disajikan pada cuaca dingin seperti hujan atau malam hari. Bahan utama bandrek adalah gula merah, namun biasanya ditambah rempah-rempah untuk memperkuat efek hangat seperti serai, merica, pandan, telur ayam kampung dan sebagainya.

4. Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo sangat terkenal di wilayah Sulawesi Selatan, utamanya kota Makassar. Minuman ini sangat menyegarkan dan memiliki rasa khas dari pisang yang dibalut oleh adonan yang terbuat dari tempung. Cara membuatnya juga tidak terlalu sulit. Pisang ijo dibalut menggunakan adonan tepung berwarna hijau lalu dikukus hingga matang. Pisang kemudian dipotong-potong lalu dicampur ke dalam santan yang sudah diberi sirup, es serut dan susu kental manis.

5. Es Tambring

Minuman yang satu ini berasal dari daerah Bali. Perpaduan antara kelapa muda, asam Jawa, pandan, putih telur, gula pasir, dan es batu membuat minuman ini sangat menyegarkan. Rasa manis dari air kelapa bercampur rasa asam segar dari asam Jawa membuat minuman ini sangat cocok dikonsumsi pada cuaca yang panas.

Sumber: Gohitz