Catat!! Disdik Pekanbaru Larang Sekolah Pungut Uang Perpisahan Apapun Bentuknya

id catat, disdik pekanbaru, larang sekolah, pungut uang, perpisahan apapun bentuknya

 Catat!! Disdik Pekanbaru Larang Sekolah Pungut Uang Perpisahan Apapun Bentuknya

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru mengingatkan pihak sekolah yang akan menggelar acara perpisahan agar tidak melakukan pungutan biaya kepada siswa.

"Kami melarang ada pungutan dalam jumlah dan bentuk apapun bagi para siswa yang baru tamat pendidikan SD, SMP dan SMA," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Abdul Jamal di Pekanbaru, Sabtu.

Ia juga menegaskan tidak dibenarkan pihak sekolah menggunakan bahasa meminta uang perpisahan untuk melepas siswa yang baru selesaikan melangsungkan Ujian Nasional.

Tidak hanya itu saja, Disdik Kota Pekanbaru mengimbau kepada seluruh sekolah untuk tidak melangsungkan acara perpisahan jika biaya yang diminta ternyata memberatkan wali murid.

Abdul Jamal bahkan mengakui sudah menerima keluhan dari beberapa wali murid yang mengaku keberatan terkait dengan mahalnya biaya perpisahan yang akan digelar pihak sekolah.

"Kami telah berulang kali menyampaikan kepada seluruh kepala sekolah untuk tidak meminta dan melangsungkan acara perpisahan sekolah di hotel ataupun digedung," katanya.

Sementara khusus untuk SMP dan SD dilarang menggelar perpisahan dengan mewah.

"Kalau perlu buat dengan sederhana saja," sarannya lagi.

Ia menambahkan memang ada laporan dari wali murid yang mengaku dimintai uang perpisahan Rp100-200 ribu," katanya mencontohkan.

Walau diakuinya acara perpisahan memang menjadi agenda rutin setiap tahun dari pihak sekolahan. Namun, kegiatan yang identik dengan melepas kakak kelas yang usai melangsungkan UN tersebut tidak meski dirayakan dengan gaya berlebihan.

"Tidak hanya itu saja, kita juga menyarankan kepada wali murid untuk menyampaikan rasa keberatan jika biaya yang diminta melebihi batas kemampuan," katanya.