Bupati Kuansing Terpilih Dilantik Bulan Depan, Tanggal Belum Pasti

id bupati kuansing, terpilih dilantik, bulan depan, tanggal belum pasti

Bupati Kuansing Terpilih Dilantik Bulan Depan, Tanggal Belum Pasti

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Mursini-Halim belum ditetapkan pasalnya belum diterimanya SK dari Kementerian Dalam Negeri.

"Insya Allah tanggal 20 Mei ini kita tuntaskan, 10 hari sebelum Akhir Masa Jabatan (AMJ) Bupati, kita sudah memastikan apakah itu dilantik tanggal 1 Juni 2016 atau digabung ke tanggal 19 Juni 2016," kata Asisten I Bidang Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat SekdaProv Riau, Ahmad Syah Harrofie di Pekanbaru.

Ia menjelaskan pihaknya akan berkonsultasi dengan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo jika SK pelantikan tersebut telah dikeluarkan.

"Kalau SKnya telah dikeluarkan kita akan konsultasi akhir dengan Mendagri, sekarangkan SKnya belum keluar," katanya pula.

Dikatakannya pihaknya akan memastikan 10 hari sebelum AMJ Bupati berakhir yakni pada 1 Juni ataupun 19 Juni sesuai dengan AMJ terakhir.

"Pelantikan tak berbiaya dilaksanakan di bulan puasa," ujarnya lagi.

Untuk diketahui, jadwal pelantikan gelombang kedua, yakni pasangan Bupati Rokan Hilir (Rohil) terpilih Suyatno-Jamiludin dan pasangan Bupati Siak terpilih Syamsuar-Alfedri yang akan dilantik pada 19 Juni 2016. Dimana, Bupati Rohil 8 Juni 2016 dan Bupati Siak 19 Juni 2016.

Terkait DPRD Kuansing tidak mengumumkan pelantikan di Paripurna. Ia menanggapi bahwa telah diberlakukan pasal 160 A, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuansing telah mengusulkan kepada KPU Provinsi Riau.

"KPU Provinsi Riau sudah menyampaikan kepada kita, kita sudah proses SKnya ke Kemendagri, diharapkan tanggal 20 Mei sudah ada kepastian pelantikan," kata Ahmad menambahkan. (Diana Syafni)