1.400 Penganggur di Dumai Sudah Diserap Dunia Kerja 2016 ini

id 1400 penganggur, di dumai, sudah diserap, dunia kerja, 2016 ini

1.400 Penganggur di Dumai Sudah Diserap Dunia Kerja 2016 ini

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Dinas Tenaga Kerja Kota Dumai Provinsi Riau mencatat sepanjang 2016 telah berkurang angka pengangguran sebanyak 1.400 orang karena terserap kerja di berbagai perusahaan swasta di daerah ini.

"Tercatat jumlah masyarakat pencari kerja mencapai 4.970 jiwa, dan sepanjang tahun ini sudah terserap kerja sekitar 1.400 orang di berbagai perusahaan," kata Kabid Bursa dan Penempatan Disnaker Dumai Soufandi Souhan, Senin.

Dijelaskan, dalam rangka menekan angka pengangguran tersebut, Disnaker tahun ini menargetkan serapan kerja di perusahaan swasta sebanyak 2.500 orang diluar 1.400 yang sudah bekerja.

Guna mengejar target tersebut, Disnaker sudah berencana mengadakan berbagai pelatihan kerja untuk teknisi dan keterampilan bagi masyarakat serta kegiatan padat karya produktif.

Ditambahkan dia, Disnaker juga akan jemput bola dengan mendatangi perusahaan, baik yang sudah jalan maupun yang akan segera beroperasi untuk memastikan prediksi jumlah kebutuhan pekerja.

"Sejumlah rencana ini dianggap lebih tepat dalam penyerapan kerja, dibanding dengan pameran bursa kerja karena pengalaman sebelumnya peluang kerja hanya tersedia untuk diluar daerah," terangnya.

Salah satu peluang lapangan kerja yang sedang digarap Disnaker saat ini adalah pembukaan pabrik oleochemical oleh perusahaan Sinar Mas Grup di Kawasan Industri Lubuk Gaung Kecamatan Sungai Sembilan.

Menurutnya, informasi dari managemen perusahaan, jika pembangunan pabrik sudah selesai dan siap beroperasi, maka peluang kerja yang terbuka bisa mencapai sekitar 1.200 hingga 1.400 tenaga kerja.

"Kepada perusahaan terus diingatkan agar taati peraturan daerah soal wajib lapor rekrutmen pekerja dalam rangka mengurangi angka pencari kerja di tengah masyarakat," jelasnya.