Helikopter Bantuan BNPB Akhirnya Tiba di Riau Untuk Tanggulangi Karlahut

id helikopter bantuan, bnpb akhirnya, tiba di, riau untuk, tanggulangi karlahut

Helikopter Bantuan BNPB Akhirnya Tiba di Riau Untuk Tanggulangi Karlahut

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengirimkan satu unit helikopter asal Rusia jenis MI-8 untuk memaksimalkan penanggulan kebakaran lahan dan hutan di Riau.

"Hari ini helikopter tersebut telah tiba di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin. Secara keseluruhan kita memiliki dua unit heli jenis yang sama untuk penanggulangan bencana kebakaran lahan dan hutan," kata Kepala BPBD Riau Edwar Sanger kepada Antara di Pekanbaru, Minggu.

Dengan datangnya satu unit helikopter multi fungsi asal Rusia itu, ia berharap penanggulangan kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) Riau yang cukup marak beberapa hari terakhir dapat dimaksimalkan.

Secara khusus Edwar memberikan apresiasi kepada BNPB yang mendukung penuh upaya Satgas Karlahut Riau menangani bencana menahun tersebut. "Selain itu, saya juga mengucapkan terima kasih kepada Komandan Lanud yang memberikan fasilitas apron helikopter," urainya.

Edwar mengatakan helikopter yang diterbangkan langsung oleh pilot asal Rusia itu akan berada di Riau hingga Juni 2016 mendatang. Ia berharap sinergitas yang baik setiap bidang yang tergabung dalam Satgas Karlahut dapat mencegah terulangnya kebakaran yang terjadi seperti tahun-tahun sebelumnya.

Sebelumnya Riau kedatangan satu unit helikopter jenis yang sama pada akhir Maret 2016 lalu. Selama ini, helikopter MI-8 yang tiba terlebih dahulu dimaksimalkan untuk melakukan pengeboman air di wilayah pesisir Riau yang cukup marak kebakaran lahan.

"Hasilnya cukup bagus, personil TNI, Polri, BPBD dan Manggala Agni serta MPA melakukan pemadaman jalur darat diperkuat "water bombing" dapat mencegah kebakaran terus meluas," jelasnya