Riau Punya Embarkasi Haji Tahun 2017, Ini Tanggapan Bupati Bengkalis

id riau punya, embarkasi haji, tahun 2017, ini tanggapan, bupati bengkalis

Riau Punya Embarkasi Haji Tahun 2017, Ini Tanggapan Bupati Bengkalis

Bengkalis, (Antarariau.com)- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis, Provinsi Riau, menyambut baik ditetapkannya Riau sebagai embarkasi haji sendiri pada tahun 2017 mendatang.

Bupati Bengkalis, Amril Mukminin menyebutkan, masing-masing daerah tidak perlu lagi mengalokasikan anggaran yang terlalu besar untuk bantuan biaya transportasi seperti yang dilakukan selama ini, sehingga dapat dipergunakan untuk dana pembangunan lainnya.

"Alhamdulillah, meskipun baru efektif pada musim haji tahun 2017 mendatang, kita tentu menyambut baik dan mendukung sepenuhnya ditetapkannya Riau sebagai embarkasi sendiri," kata Amril Mukminin di Bengkalis, Kamis.

Ia mengatakan, ditetapkannya Riau sebagai embarkasi haji sendiri, akan memberikan keuntungan secara ekonomi bagi Riau, seluruh kabupaten/kota di Riau akan terbantu, khususnya juga Kabupaten Bengkalis.

“Selain mempersingkat jarak tempuh juga semakin memudahkan pelayanan,” kata Amril lagi,

Selain itu katanya, keuntungan lainnya juga tentunya akan meningkatan perekonomian, khususnya di sektor jasa hotel dan restoran.

“Jika selama ini keluarga jamaah calon haji (JCH) yang mengantar harus menginap dan makan di hotel dan restoran di Batam, dengan ditetapkannya Riau sebagai embarkasi sendiri, hal itu tentu akan berpindah ke Riau, khususnya Pekanbaru," tutur Amril.

Amril Mukminin menjelaskan, Pelaksana Tugas Gubernur Riau (Plt Gubri) H Arsyadjuliandi Rachman beberapa waktu lalu menyebutkan bahwa pada tahun 2017, JCH yang berangkat dari Riau sudah bisa langsung ke Madinah. Karena Riau akan memiliki embarkasi haji sendiri.

"Untuk tahun 2017 sudah resmi jadi embarkasi haji di Pekanbaru, jadi JCH dari Riau langsung dari Pekanbaru ke Arab Saudi, sehingga tidak perlu lagi terbang ke Batam untuk melalui embarkasi di sana, sebagaimana yang selama ini dilakukan JCH asal Provinsi Riau,” kata Amril.

Ia menjelaskan, jumlah JCH Riau merupakan yang terbanyak di Embarkasi Batam, yang mencapai 70 persen dari total keseluruhan.