Najwa Shihab Mulai Tugas Pencanangan Indonesia Literasi di Puswil Riau

id najwa shihab, mulai tugas, pencanangan indonesia, literasi di, puswil riau

Najwa Shihab Mulai Tugas Pencanangan Indonesia Literasi di Puswil Riau

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Duta Baca Indonesia Najwa Sihab mengatakan Perputakaan Soeman HS Provinsi Riau dinilai sebagai tempat yang untuk memulai gerakan membaca dan pencanangan Indonesia literasi.

"Saya baru dua minggu yang lalu ditunjuk sebagai duta baca, ini tugas pertama saya di Perpustakaan megah ini. Saya rasa ini tempat yang pas untuk memulainya," katanya di Pekanbaru, Jumat.

Dia mengatakan perasaannya ketika pertama kali ditunjuk sebagai Duta Baca Nasional bercampur antara khawatir dan senang. Khawatir karena data menunjukkan angka-angka minat baca sangat rendah kemudian ditambah lagi kita jauh tertinggal dibanding negara lain.

"Tapi disisi lain saya gembira karena buku adalah sebaik-baiknya sahabat, salah-satunya karena dengan menjadi duta baca Indonesia saya dapat berkunjung ke Riau dimana para Sastrawan-Sastrawan Melayu hebat lahir disini," ujarnya.

Ia menambahkan bahwa usaha untuk menumbuhkan minat baca tidak hanya dibebankan kepada pemerintah. Karena terlalu berat rasanya jika hanya dibebankan pada pemerintah, sebab ini adalah upaya kesadaran dari kita semua.

Najwa Sihab dalam kesempatan itu menceritakan bahwa dirinya mulai gemar membaca sejak dini. Tempat untuk memulai pertama kali

meningkatkan minat baca dikenalkan oleh keluarga.

"Rutinitas yang dibiasakan oleh keluarga menjadikan saya haus akan membaca.

Kemudian bagaimana menemukan buku yang tepat untuk memulai, dari kecil Najwa sudah punya perpustakaan kecil," ujarnya.

Menurutnya keluarga, sekolah dan lingkungan berperan untuk mendukung minat baca. Yang pertama kebiasan dari keluarga, sekolah dan lingkungan.

"Kalau dari sekolah sudah diterapkan Kementerian Pendidikan dan Budaya untuk 15 menit membaca sebelum jam pelajaran dimulai," katanya.

Sedangkan untuk di lingkungan masyarakat sudah ada komunitas-komunitas yang mendorong masyarakat untuk membaca. berbagai kegiatan positif dilakukan disana. (Diana Syafni)