Rohil Tambah 2 Unit Mobil Damkar, 1 dari APBD Provinsi

id rohil tambah, 2 unit, mobil damkar, 1 dari, apbd provinsi

Rohil Tambah 2 Unit Mobil Damkar, 1 dari APBD Provinsi

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir tahun 2016 ini kembali menambahkan dua unit mobil pemadam kebakaran yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Riau dan Kabupaten.

"Tahun ini kita tambah dua unit mobil pemadam kebakaran, tujuannya untuk mengatasi musibah kebakaran baik lahan dan hutan maupun kebakaran rumah penduduk yang sering terjadi di saat musim kemarau," kata Pelaksana Tugas Sekda Rohil Surya Arfan, Minggu.

Sekda berharap agar mobil pemadam kebakaran ini bisa dimanfaatkan dengan sebaiknya, terutama bagi para petugas jaga bisa bekerja siap siaga.

"Selama ini dua unit mobil pemadam kebakaran di kantor Badan Kesbangpolinmas Rohil sudah dipindahkan ke Jalan Pahlawan, mengingat jarak tempuh menuju Bagansiapiapi lokasinya jauh sehingga dibangun pos ditengah kota," jelas Surya Arfan.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpolinmas Rohil Suandi membenarkan bahwa tahun ini akan ada tambahan dua unit mobil pemadam kebakaran dan 20 unit mesin portabel.

"Kabar gembira ini kami terima dari Bapedda Rohil, rencananya dari Provinsi Riau sebanyak satu unit mobil pemadam kebakaran dan 20 unit mesin portable kepada Pemkab Rohil. Saat ini masih dalam proses anggaran," ujar Suandi.

Bukan hanya itu, ditahun anggaran 2016 ini Pemkab Rohil melalui Bagian Perlengkapan juga memprogramkan satu unit mobil pemadam kebakaran.

"Artinya jika sudah tersedia dua unit mobil pemadam kebakaran dan 20 unit mesin portabel tinggal lagi tahun depan pihaknya akan melakukan penambahan tenaga teknis untuk mengoptimalkan alat tersebut," jelasnya.

Ia mengakui, empat unit mobil pemadam kebakaran Rohil saat ini kondisinya sering rusak, dua diantaranya tidak layak pakai karena sudah terlalu lama.

"Kita berharap dengan adanya tambahan dua unit lagi akan memaksimalkan petugas dalam memadamkan api maupun musibah kebakaran yang terjadi di Kabupaten Rokan Hilir," tuturnya.

(adv)

Oleh Dedi Dahmudi