Bupati Inhu Baru Dilantik Ancam Copot Camat Gagal Cegah Karhutla

id bupati inhu baru dilantik ancam copot camat gagal cegah karhutla

   Bupati Inhu Baru Dilantik Ancam Copot Camat Gagal Cegah Karhutla

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Bupati Indragiri Hulu terpilih Yopi Arianto yang baru saja dilantik Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau pada hari ini menyatakan akan mencopot camat yang gagal mencegah terjadinya kebakaran lahan dan hutan di daerah itu.

"Jika Kapolda mengancam mencopot Kapolres yang gagal cegah Karlahut, maka saya akan mencopot camat yang gagal mencegah kebakaran," jelas Yopi menjawab Antara di Pekanbaru, Rabu.

Dia menegaskan bahwa jajarannya haruslah dapat berkoordinasi dengan baik bersama pihak kepolisian guna mencegah kebakaran lahan dan hutan (Karlahut).

Sementara itu, Bupati yang dilantik untuk periode ke dua tersebut mengklaim bahwa selama pemerintahannya tidak pernah terjadi Karlahut. "Hanya beberapa bulan lalu saja saat saya tidak menjabat sebagai Bupati terjadi kebakaran lahan," jelasnya.

Berdasarkan data yang dirangkum Antara dari Kepolisian Daerah Riau, selama 2015 setidaknya jajaran penegak hukum itu telah menetapkan sebanyak sembilan tersangka pelaku pembakaran lahan. Bahkan sebuah perusahaan perkebunan diduga turut terlibat melakukan pembakaran lahan. Kepolisian hingga kini masih terus melakukan penyelidikan terhadap perkara tersebut.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Yopi turut mewanti-wanti kepada bawahannya agar mengantisipasi terjadinya banjir di Indragiri Hulu sepanjang musim hujan ini.

Dia mengatakan bahwa banjir yang melanda Indragiri Hulu mayoritas merupakan banjir kiriman dari Kabupaten Kuantan Singingi dan Provinsi Sumatera Barat. "Tapi saya tetap meminta agar pemerintah desa, pemerintah kecamatan agar mewaspadai terjadinya banjir dengan cara meningkatkan koordinasi," jelasnya.

Sementara itu, pada pelantikan tersebut, ada hal menarik yang menyedot perhatian wartawan dimana selama pelantikan politisi Partai Golkar ini didampingi anak lelaki serta mantan istrinya AKP Refin, anggota Polresta Pekanbaru.

Menanggapi belum adanya pendamping hidup pasca berpisah dengan istrinya, Yopu sempat berceletuk agar wartawan dapat membantunya mencarikan istri untuk menjadi ibu tiri bagi anaknya tersebut.

"Ibunya belum ada, masih dicari. Ada tidak yang bersedia? Kalau ada tidak perlu pake pacaran, langsung menikah," kata Yopi seraya menggendong anaknya.

‎Yopi dan wakilnya Khairijal dilantik menjadi Bupati Inhu bersama para bupati lainnya, diantaranya bupati Kepulauan Meranti Irwan Nasir dan wakilnya Said Hasym, walikota Dumai Zulkifli AS dan wakilnya Eko Suharjo, bupati Bengkalis Amril Mukminin dan wakilnya Muhammad ST MT.