Jetstar Resmi Layani Singapura-Pekanbaru

id jetstar resmi, layani singapura-pekanbaru

Jetstar Resmi Layani Singapura-Pekanbaru

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Maskapai Jetstar Asia secara resmi melayani rute internasional Singapura-Pekanbaru pergi pulang tiga kali dalam sepekan dengan membawa sekitar 70 orang penumpang saat tiba di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, Kamis.

"Sekitar 70 orang lebih penumpang dibawa dari Singapura, sedangkan pada pulang tercatat 147 orang penumpang yang diangkut dari Pekanbaru di penerbangan perdana ini," papar Country Manager Jetstar Indonesia, Helmawan Sumiko.

Pada penerbangan perdana dan seterusnya, lanjut dia, maskapai tersebut mengoperasikan armada pesawat berbadan sempit jenis Airbus A320 berkapasitas 180 kursi terdiri dari kelas ekonomi semuanya sesuai dengan konsep biaya rendah dengan bagasi maksimal tujuh kilogram.

Jetsar tidak punya kantor perwakilan di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, sedangkan berbagai kegiatan pelayanan terutama bagi calon penumpang bisa menghubungi travel atau sistem berjaringan.

Perusahaan tergabung dalam Jetstar Group merupakan salah satu maskapai di Asia Pasifik dengan pertumbuhan tercepat dengan jangkauan destinasi yang luas seperti Jetstar Airways mencakup Australia dan Selandia Baru, lalu Jetstar Asia di Singapura, Jetstar Pacific di Vietnam dan Jetstar Japan di Jepang.

Operasinal maskapai tersebut di Indonesia kini terdapat pada enam kota seperti Medan, Surabaya, Jakarta, Denpasar, Palembang dan terakhir "Kota Bertuah", julaukan bagi Pekanbaru.

"Kita ada sekitar 80 unit agen travel sudah dijalin kerjasama dan kami terbangi Singapura-Pekanbaru pada setiap hari ini (Kamis), lalu Minggu dan Selasa," katanya.

Pada acara peresmian penerbangan perdana Jetstar rute Singapura-Pekanbaru tersebut sempat diadakan acara penyambutan yang mengambil tempat di terminal kedatangan Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru.

Acara itu dihadiri Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata (Kemenpar) I Gde Pitana, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau Rahmat Rachim, General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) Pekanbaru Jaya Tahoma Sirait, Head of Commercial Jetstar Asia Frances Lois, dan Chief Pilot Jetstar Asia Captain Ricard Doran.

I Gde Pitana Rute baru mengatakan, dengan beroperasinya maskapai Jetstar Asia rute Singapura-Pekanbaru tiga kali dalam sepekan diyakini bakal mampu mendongkrak kinerja pariwisata di Provinsi Riau.

"Khusus untuk Indonesia sekitar 80 persen wisatawan masuk melalui pintu udara oleh karena itu Kemenpar sangat mengapresiasi adanya layanan baru yang dibuka oleh Jetstar yang menghubungkan Singapura dengan Pekanbaru," kata Pitana.

Ia menegaskan, bagi Indonesia, Singapura menempati posisi penting sebagai pasar utama pariwisata yang pada 2014 mengontribusi 1,6 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan diharapkan akan naik terus pada masa yang akan datang.

Apalagi, kata dia, pendatang dari Singapura diharapkan bukan saja merupakan warga negara itu melainkan para ekspatriat yang tinggal di negara tersebut berikut wisatawan yang berkunjung ke Singapura dan memperpanjang masa tinggalnya untuk menyeberang ke Indonesia.

"Kegembiraan ini semakin bertambah karena jalur yang dibuka menghubungkan Singapura dengan sebuah destinasi yang telatif baru di Indonesia yakni Riau yang sejalan dengan misi Kemenpar untuk menghubungkan Singapura dengan daerah-daerah di luar Bali atau membuat Bali-Bali di luar Bali," katanya.