Wako Pekanbaru Ajak Warganya Bersihkan Lingkungan

id wako pekanbaru, ajak warganya, bersihkan lingkungan

Wako Pekanbaru Ajak Warganya Bersihkan Lingkungan

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Wali Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Firdaus, mengajak warganya membersihkan lingkungan sekitar dari sampah yang menyumbat selokan dan parit agar air berjalan lancar.

"Kini wilayah Pekanbaru memasuki musim penghujan, hampir tiap hari turun hujan," ungkap Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, di Jakarta, Jumat.

Firdaus menyebutkan Pekanbaru memang memiliki dua musim tiap tahun, hujan, panas. Namun kedua musim ini membawa dampak yang dianggap menjadi musim baru.

Saat musim hujan maka akan timbul banjir, karena sudah langganan sehingga dianggap sudah jadi musim.

Musim kemarau juga demikian dampaknya bisa menjadi kabut asap yang berkepanjangan.

Menurut Firdaus memasuki musim penghujan, warga harus waspada terhadap kondisi cuaca saat ini yang rawan banjir.

"Jagalah kebersihan lingkungan jangan membuang sampah sembarangan," ujar Firdaus,

Firdaus mengatakan, musim hujan saat ini memang perlu diwaspadai karena rata-rata wilayah Pekanbaru yang lumayan rendah sering tergenang air.

"Makanya kami meminta Dinas PU menyiagakan peralatan untuk mengorek parit dan drenase yang mengalami penyumbatan," bebernya.

Selain itu, proaktif aparat di tingkat RT/RW sangat diperlukan guna menggiatkan gotong- royong lingkungan sekitar.

"Dengan gotong-royong kami berharap pembersihan lingkungan tidak harus mengandalkan pemerintah dan petugas. Karena keterbatas tenaga," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan warga di sekitar Jalan Khaharuddin Nasution khawatir akan kejadian banjir yang menimpa akibat hujan deras dua hari lalu di Pekanbaru.

Pasalnya telah menyebabkan genangan air mencapai pinggang orang dewasa.

Diakui kawasan ini langganan banjir sejak tahun 2009. Namun tahun ini genangannya semakin parah akibat pesatnya pembangunan disekitar jalan

Khaharuddin Nasution.

Parit yang tersumbat oleh sampah rumah tangga menjadi penyebab liran air terhambat.

Selain daerah tersebut, ruas jalan yang juga sering langganan banjir adalah Jalan Kertama, Perumahan Griya Sidomulyo, Sokarno Hatta, Arifin Achmad dan Jalan Adi Sucipto.