Indragiri Hilir Gelar Sosialisasi Cuci Tangan Bersih

id indragiri hilir, gelar sosialisasi, cuci tangan bersih

Indragiri Hilir Gelar Sosialisasi Cuci Tangan Bersih

Tembilahan, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau, menggelar sosialisasi mencuci tangan dengan bersih menggunakan sabun guna menciptakan hidup sehat di lingkungan masyarakat, khususnya anak-anak.

Hal ini disampaikan Bupati Indragiri Hilir Muhammad Wardan saat memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) se-Dunia yang bertemakan "Tangan Bersih Pangkal Sehat, Raise Your Hand Hygiene" di halaman Masjid Miftahul Huda Tembilahan, Kamis.

"Kegiatan mencuci tangan pakai sabun ini sangat penting dan merupakan langkah awal menciptakan lingkungan sehat dan pribadi sehat," kata Wardan.

Hal ini perlu dikampanyekan secara terus menerus dan diharapkan kepada pihak terkait seperti dinas kesehatan dapat menjembatani ini dengan menggelar sosialisasi bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar.

"Kalau bisa, di setiap sekolah di sediakan tempat mencuci tangan. Sehingga menjadi budaya sebelum dan sesudah melakukan sesuatu, terutama jika ingin makan seharusnya harus selalu mencuci tangan dengan sabun," katanya.

Di samping itu dia berharap kegiatan semacam ini selalu dipelopori oleh TP PKK, melalui kadernya mulai dari tingkat kabupaten sampai desa dan kelurahan.

"Berdasarkan data WHO diperkirakan infeksi diare mengancam kehidupan 1,87 juta anak Balita setiap tahun di seluruh dunia. Hal ini menjadikan diare sebagai penyebab utama kematian bayi dan balita, kedua setelah pneumonia. namun dengan mencuci tangan pakai sabun, diharapkan dapat mengurangi hampir setengah kasus kejadian diare dan seperempat kasus infeksi pernafasan," paparnya.

Setelah itu sosialisasi cuci tangan dengan sabun ini dilanjutkan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Indragiri Hilir. (Adv)