PLN Terpaksa Padamkan Listrik Kota Tembilahan

id pln terpaksa, padamkan listrik, kota tembilahan

PLN Terpaksa Padamkan Listrik Kota Tembilahan

Tembilahan, (Antarariau.com)– Kota Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau kembali mengalami pemadaman listrik bergilir yang disebabkan terdapatnya kerusakan pada beberapa unit mesin di PLN Rayon setempat.

"Saat ini memang listrik Kota Tembilahan kembali diberlakukan sistem pemadaman bergilir karena adanya gangguan pada beberapa unit mesin, namun pemadaman hanya dilakukan pada siang hari," kata Manajer PLN Rayon Tembilahan Budi Warman di Tembilahan, Selasa.

Dia memastikan jika pemadaman ini hanya akan dilakukan pada siang hari karena mesin sewa WIC mampu menyediakan daya sebesar 3 Mega Watt (MW) dimalam hari.

"Untuk disiang hari daya yang tersedia hanya 2 MW karena kekuatan mesin sewa itu hanya 2 MW," katanya.

Dia menjelaskan beberapa kerusakan atau gangguan yang terjadi pada mesin sewa itu diantaranya terdapat pada 2 unit mesin PLN di jalan Gunung Daek.

"Mesin sewa itu mengalami kerusakan pada radiatornya, radiatornya mengalami kebocoran karena sudah keropos dan hal ini terjadi sekitar sepekan lalu, kemudian satu unit mesin lagi mengalami gangguan pada bearing conrod sejak 30 Agustus kemarin," jelasnya.

Selain itu, dia mengungkapkan bahwa kerusakan juga terjadi pada mesin sewa empat bintang unit tiga. mesin sewa ini mengalami gangguan oli yang bercampur dengan air. Sedangkan mesin unit sembilan mengalami gangguan pada crank shaft.

"Disamping itu untuk mesin unit satu pada mesin sewa Bima Golden juga terdapat gangguan radiator, mesin unit lima mengalami kebocoran pada kompresi, unit delapan mengalami gangguan piston gores dan unit 9 mengalami kebocoran radiator.

Dia mengungkapkan untuk saat ini mesin sewa Bima Golden itu sedang dalam proses perbaikan dan dalam waktu dekat akan segera beroperasi.

"Mesin sewa unit sembilan malam ini sudah bisa beroperasi," ucapnya.

Dia menyampaikan dampak dari kerusakan yang terjadi pada beberapa mesin sewa itu menyebabkan kondisi daya listrik Kota Tembilahan saat ini mengalami defisit sekitar 1 MW.

"Sebab itulah untuk dimalam hari tidak terjadi pemadaman bergilir karena WIC membantu daya sebesar 1 MW," ucapnya. (Adv)