Dishub Dumai Dukung Proyek Rel Kereta Api

id , dishub, dumai dukung, proyek rel, kereta api

   Dishub Dumai Dukung Proyek Rel Kereta Api

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai Riau Bambang Sumantri mengatakan siap mendukung rencana pembangunan jalur kereta api lintas Sumatera karena akan memperlancar arus barang dan orang.

Selain itu, katanya kepada pers, Kamis, pembangunan rel kereta api sebagai angkutan massal yang akan menghubungkan Pekanbaru-Dumai dan Sumut, Jambi dan Sumsel ini diyakini membawa pengaruh baik bagi perekonomian daerah dan masyarakat.

"Kita menyambut baik dan siap mendukung rencana pembangunan rel kereta api ini karena jalurnya akan melewati Dumai," katanya.

Dia menyebutkan, proyek nasional yang direncanakan mulai pekerjaan pada September nanti juga sudah dibahas instansi perhubungan se-Sumatera bersama Kemenhub di Kota Pekanbaru beberapa waktu lalu.

Pemerintah sejauh ini, lanjut dia, terus melakukan persiapan pelaksanaan proyek transportasi massal tersebut karena direncanakan beroperasi 2019.

"Diharapkan juga dukungan dari masyarakat banyak dalam pembangunan rel kereta api agar berjalan lancar tanpa hambatan serta sesuai dengan harapan bersama," katanya.

Dia optimistis dengan jalur kereta api ini nantinya juga akan mendukung pertumbuhan investasi daerah karena akses infrastruktur pendukung transportasi semakin diperkuat pemerintah.

Pemerintah Kota Dumai berharap mega proyek rel kereta api ini dapat menyukseskan visi mewujudkan Dumai sebagai pusat pelayanan kepelabuhanan, perdagangan, pariwisata dan industri yang berbudaya melayu dan agamis.

Sedangkan Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman menyebutkan, proyek ini harus didukung penuh bupati dan wali kota yang terkena jalur lintasan kereta api ini dengan saling bersinergi.

"Jika sudah terbangun rel kereta api ini, akan ditunjuk Dumai sebagai lokasi pusat bongkar muat peti kemas," ujarnya beberapa waktu lalu.